Berita Sikka

Menjaga Kelestarian Alam Bawah Laut Maumere Dengan TJSL PLN

memberikan sentuhan dan memberikan perhatian kepada desa ini. Terima kasih PLN karena telah memikirkan lingkungan di bawah laut

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/HO-DOK.PRIBADI
FOTO BERSAMA - Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli, PLN UP3 Flores Bagian Timur 

POS-KUPANG.COM, MAUMERE - Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli, PLN UP3 Flores Bagian Timur kembali melalui program rehabilitasi terumbu karang di Taman Wisata Alam Laut (TWAL) Pulau kojadoi untuk ke II kalinya

Program ini dijalankan oleh PLN UP3 Flores Bagian Timur bekerja sama dengan Maumere Diver Community dengan teknik upaya berkelanjutan transplantasi terumbu karang di Kawasan Konservasi Perairan Desa Kojadoi Maumere Kabupaten Sikka.

Maumere Diver Community (MDC) melakukan transplantasi karang dengan kegiatan pembuatan substrat dan media rak serta penanaman karang di laut dengan total 480 bibit coral.

Untuk kegiatan monitoring hingga evaluasi serta memastikan pertumbuhan karang dan pembersihan dari benda-benda yang mengganggu pertumbuhan karang akan dilaksanakan selama 1 tahun (juni 2022 s/d mei 2023).

Baca juga: Takut Gempa Malam Hari Warga Pulau Kojadoi - Sikka Tidur di Bukit dan Perahu

Terumbu Karang yang dikembangkan untuk dilakukan transplantasi dari jenis Acropora branching, Acropora milepora, Acropora hyacinthus dan lain sebagainya.

Desa Kojadoi merupakan desa wisata bahari, dengan Perairan di kawasan laut di Taman Wisata Alam Laut (TWAL) Gugus Pulau Teluk Maumere yang merupakan salah satu obyek wisata unggulan di kabupaten Sikka.

Cinta laut, Kegiatan PLN Peduli untuk transplantasi di Desa Kojadoi bertujuan untuk menghidupkan dan melanjutkan lagi pariwisata terkhususnya wisata bahari alam bawah laut.

Manager PLN UP3 FBT Saut sebelumnya menyampaikan bahwa PLN mencoba dan berusaha untuk berkontribusi terhadap lingkungan wilayah kerja kami yang mencangkup beberapa daerah yaitu kabupaten Sikka, Kabupaten Flores Timur dan Kabupaten Lembata.

"Kami bersyukur ada kesempatan untuk bekerja sama dan berkontribusi terutama terkait dengan kelestarian lingkungan terumbu karang, karena terumbu karang yang ada di pulau kojadoi ini pernah menjadi salah satu yang terbaik di indonesia," ujarnya.

Baca juga: PLN Telah Pulihkan Jaringan Listrik Sumba Timur Pasca Kebakaran PLTD Kambajawa 

Menurutnya, dengan adanya program ini  kami mendukung penuh kelestarian alam bawah laut di Pulau Kojadoi ini sejak tahun lalu, hingga tahun ini dan terus kita perhatikan dan kita rawat. Agar terumbu karang yang sudah kita tanam ini menjadi terumbuh karang yang tumbuh dengan baik

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved