Berita Kota Kupang Hari Ini

Pre-Event Exotic Tenun Fest 2022, Kepala BI NTT: Mari Kita Sama-Sama Mendukung

Salah satu faktor penyebabnya adalah upaya promosi dan penjualan yang belum dilakukan secara maksimal dan efisien serta tepat sasaran.

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/ASTI DHEMA
KONFERENSI PERS - Kepala Biro Perekonomian dan Adm Pembangunan Setda provinsi NTT Dr. J. Lery Rupidara, Pimpinan BI, I Nyoman Ariawan Atmaja, Walikota Kupang Jefri Riwu Kore, Direktur Utama Bank NTT Harry Alexander Riwu Kaho, serta Ketua Umum KADIN NTT, Bobby Lianto, saat konferensi pers di Atrium Lippo Plaza Kupang pada Sabtu,9 Juli 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM,Asti Dhema

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Berangkat dari filosofi penyelenggara Exotic Tenun Fest atau ETF 2021 yang mengangkat tema “Weaving Identity”.

Penyelenggaraan ETF 2022 membawa visi misi untuk memperkenalkan identitas itu kepada masyarakat luas, tidak hanya di tingkat nasional tapi sampai tingkat internasional.

Tenun NTT Goes To Cities Life tidak hanya sebuah slogan tetapi merupakan sebuah spirit untuk membawa tenun bersama dengan segala nilai dan sejarahnya menjadi sebuat pilihan life style kaum urban di kota metropolitan.

Baca juga: Luncurkan Program UMKM Bangkit Optimis, BI NTT Harap UMKM Kendalikan Inflasi di Kota Kupang

Tenun NTT merupakan salah satu kekayaan intangible, warisan budaya asli  Indonesia yang tidak hanya memiliki nilai sejarah, seni dan budaya, namun juga bernilai ekonomis tinggi yang mampu menyejahterakan semua kalangan terutama usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Pesona Tenun NTT telah menjangkau nasional bahkan mendunia, akan tetapi sebagai sebuah karya seni belum memiliki penjualan yang konsisten.

Salah satu faktor penyebabnya adalah upaya promosi dan penjualan yang belum dilakukan secara maksimal dan efisien serta tepat sasaran.

Dalam rangka pemulihan ekonomi, NTT memiliki Sektor Produk Unggulan Berorientasi Ekspor seperti Kopi, rumput laut, Kacang lurik, kacang mMte, Gula Semut/Gula Sabu & Kelor/Moringa Pandemi Covid-19 berdampak pada sektor UMKM, ditandai dengan penurunan omzet seiring dengan pemberlakuan kebijakan physical distancing dan pembatasan mobilitas yang mempengaruhi kunjungan wisatawan ke NTT.

Baca juga: Peraih Duta Rupiah Flobamorata Rupiah 2021 Diumumkan BI NTT

Mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (G-BBI) yang Menyambut Side Event G20 di Labuan bajo juga Mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (G-BBI) yang dicanangkan oleh Presiden RI dalam rangka meningkatkan kecintaan dan penggunaan produk-produk UMKM dalam negeri.

Meningkatkan awareness masyarakat umum akan keindahan Tenun NTT dengan motif, jenis, dan story yang beragam,mendorong pemulihan ekonomi dan program survival UMKM melalui digitalisasi promosi dan transaksi, BM Produk Lokal NTT dan Komoditas Ekspor serta meningkatkan target penjualan dibanding penyelenggaraan ETF 2021.

Exotic Tenun Fest adalah salah satu strategi yang dipilih untuk memperkenalkan produk-produk tenun yang kaya ke konsumen yang lebih luas.

Karena itu  kegiatan ini melalui cara offline  dan online(Hybrid).Di sini pengunjung bisa melihat secara langsung dan melalui Website www.exotictenunfest.com dapat menjangkau konsumen yang lebih luas.

Exotic Tenun Fest adalah penyelenggaraan Event Pengembangan UMKM yang diinisiasi oleh KPw BI Provinsi NTT yang bertujuan untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (G-BBI) yang dicanangkan oleh Presiden RI dalam rangka meningkatkan kecintaan dan penggunaan produk- produk UMKM dalam negeri sekaligus menyambut Side Event G20 di Labuan Bajo.

Baca juga: Museum Virtual BI NTT  Mulai Dibuka

Meningkatkan awareness (kesadaran) masyarakat umum dan urban akan nilai,keindahan Tenun NTT dengan motif,jenis dan story yang beragam untuk dijadikan inspirasi dalam pengembaraan hidup.

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved