Prakiraan Cuaca NTT

Waspada Dampak Buruk Suhu Dingin di NTT bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Picu Serangan Jantung

Masyarakat NTT diimbau waspada terhadap dampak buruk Suhu Dingin bagi Kesehatan Tubuh, bisa picu Serangan Jantung

Editor: Adiana Ahmad
Ilustrasi Kedinginan - Waspada dampak buruk Suhu Dingin di NTT bagi Kesehatan Tubuh, bisa picu Serangan Jantung 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Adiana Ahmad

POS-KUPANG.COM - Saat ini Suhu Dingin sedang melanda Wilayah Provinsi NTT.  Bahkan menurut Prakiraan Cuaca NTT Hari Ini dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ), Suhu Udara di Bajawa dan Ruteng hari ini, Jumat 8 Juli 2022 berkisar 13-24 derat Celcius. Masyarakat dihimbau untuk waspada terhadap dampak buruk Suhu Dingin di NTT. 

Menuru tpenjelasan BMKG, Suhu Dingin di NTT dipicu angin yang berhembus dari Australia sebagai tanda puncaknya Musim Kemarau. 

Suhu dingin ternyata berdampak buruk bagi jantung. Pada saat Suhu Dingin anggota tubuh membengkak dan meningkatkan risiki Serang Jantung. 

Cukup mengerikan? Jadi waspada. Selain itu Suhu Dingin yang saat ini sedang melanda NTT dapat mengakibatkan beberapa dampak buruk. 

Baca juga: Suhu Dingin Melanda NTT, Begini Penjelasan BMKG

Dikutip dari beberapa sumber, berikut 8 Dampak Buruk Suhu Dingin bagi Kesehatan Tubuh:

1. Meningkatkan Risiko Serangan Jantung

Dampak perubahan cuaca bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Mungkin sebagian orang berpikir apa kaitannya serangan jantung dengan cuaca, namun hal ini ternyata memang dapat berkaitan.

Cuaca ekstrem dapat membuat jantung tegang. Suhu dingin membuat jantung bekerja lebih keras untuk menjaga tubuh tetap hangat namun itu menyebabkan pembuluh darah menyempit dan menurunkan pengiriman oksigen ke jantung. Ketidakcocokan penawaran dan permintaan ini dapat berakhir secara dramatis dalam serangan jantung atau stroke.

Kulit Kering dan Rambut Serta Kuku Melemah

Baca juga: BMKG: Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan, Prakiraan Cuaca NTT Hari ini, Jumat 8 Juli 2022

2. Rambut dan Kuku Melemah

Dampak perubahan cuaca bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah dapat membuat rambut dan kuku menjadi melemah. Di musim dingin, rambut dan kuku menghadapi masalah yang sama dengan kulit. 

Pembuluh darah menjadi sempit dan suplai nutrisi dan oksigen berkurang. Tentu saja, ini melemahkan rambut dan kuku, membuatnya kering dan rapuh, dan lebih rentan terhadap luka.

Alami Nyeri Sendi dan Alergi

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved