Unwira Kupang

Ujian Akhir Semester Prodi Pendidikan Musik FKIP Unwira Kupang, Parodikan Piano

ujian semacam ini telah dijalankan sejak dua tahun lalu. Kegiatan itu menurutnya, untuk membangun jiwa artistik.

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/IRFAN HOI
FOTO BERSAMA - Pose bersama mahasiswa dan dosen. Mahasiswa Unwira foto bersama usai ujian akhir semester memainkan alat musik piano di prodi pendidikan musik FKIP Unwira Kupang. Senin 4 Juli 2022 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Ujian Akhir Semester atau UAS mahasiswa semester IV prodi pendidikan musik FKIP Unwira Kupang dilakukan dengan memberikan kesempatan kepada tiap mahasiswa untuk memparodikan alat musik piano.

Kegiatan memainkan alat musik piano sebagai salah satu syarat dalam mata kuliah itu dilangsungkan di aula FKIP Unwira Kupang, Senin 4 Juli 2022 malam. 8 dari 15 mahasiswa mengikuti rangkaian UAS itu.

Dosen mata kuliah, Romy Langgu, menjelaskan, ini merupakan kegiatan bagi mahasiswa tahun kedua atau saat ini sedang berada di semester IV. Tahun lalu, akibat pandemi covid-19 kegiatan ini tidak bisa dilakukan.

Baca juga: Unwira Kupang Ciptakan Aplikasi BUMDes Bantu Pasarkan Hasil Produk Masyarakat Desa

Menurutnya, ujian semacam ini telah dijalankan sejak dua tahun lalu. Kegiatan itu menurutnya, untuk membangun jiwa artistik.

"Karena jarang sekali untuk berada didepan audiens sehingga ada yang main mungkin ada salah-salah karena mereka jarang atau tidak pernah melakukan hal semacam ini," sebut Romy.

Sehingga, dengan kegiatan ini juga dimaksudkan agar mahasiswa bisa lebih pacu meningkatkan kemampuannya. Dengan ini diharapkan bisa dikembangkan kemampuan musikalitas agar kedepan tidak ada keraguan ketika tampil dibanyak orang.

Secara keseluruhan, dia meengaku mahasiswa memang belum sempurna memainkan alat musik ini. Untuk itu, perlu perbaikan kedepan agar kemampuan blterus ditingkatkan.

Baca juga: Rektor Unwira Kupang Resmikan Galeri Investasi Digital

Susan Lily, semester IV FKIP, prodi Pendidikan Musik Unwira Kupang, mengatakan, pada Minggu sebelumnya, telah diberi tugas oleh dosen mata kuliah untuk berlatih. Dia mengaku, cukup kesulitan.

"Awalnya saya pribadi saya kurang mampu karena lagi yang diberikan ini lagu-lagu klasik kemudian yang kami bermain adalah piano," sebutnya.

Secara pribadi, Susan mengaku selama ini dirinya sering mengiring nyanyian di gereja dengan keyboard. Ketika dihadapkan dengan piano memang cukup sulit. Susan juga menyebut, ia termotivasi juga ketika melihat dosennya memainkan alat musik tersebut.

Dengan ujian seperti ini, menurut Susan, sekaligus membantu mahasiswa agar tidak lagi 'demam' panggung ataupun malu-malu tampil dibanyak orang.

Jika di keyboard itu tidak semua jari harus dimainkan dalam tools, justru di piano semua jari harus bisa bergerak menekan tools. Ini menjadi kesulitan tersendiri, yang bagi Susan, perlu latihan rutin agar bisa meningkatkan kapabilitasnya.  (*)

Berita Unwira Kupang lainnya

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved