Berita Ende Hari Ini

Kemenparekraf Gelar Ujian Kompetensi Bagi Musisi Ende, PAPPRI Sodor 27 Nama

Tentu ini menjadi kesempatan dan kebanggaan bagi kita di Kabupaten Ende. Kabupaten Ende jadi kabupaten pertama di Flores

Penulis: Laus Markus Goti | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/LAUS LARKUS GOTI.
Johnny Maukar, Direktur LSPMI bersama ketua PAPPRI Ende, Aries Putra Lawa dan sejumlah musisi Ende di Tangga Alam, Ndona, Kabupaten Ende, Minggu 22 Mei 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oris Goti

POS-KUPANG.COM, ENDE - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)  akan melaksanakan ujian kompetensi musik bagi para musisi di Kabupaten Ende, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kemenparekraf telah bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi  Musik Indonesia (LSPMI) dan Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) dalam kaitannya dengan ujian kompetensi musik ini. 

Johnny Maukar, Direktur LSPMI yang juga Sekjen PAPPRI, mengatakan, ujian kompetensi musik bagi para musisi di Kabupaten Ende akan digelar pada 24 Mei 2022 ini. Kegiatan ini dibiayai oleh Kemenparekraf.

Baca juga: Smart Woment: Jamin Kesejahteraan Anggota 

Johnny menerangkan, LSPMI sendiri merupakan satu - satunya lembaga di Indonesia yang telah diberikan lisensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk menerbitkan sertifikat bagi para pemusik.

Dia menegaskan, pemusik yang dimaksud, bukan hanya penyanyi atau pemain band. "Tetapi juga termasuk penata bunyi, pengajar musik, juri musik, pencipta lagu, komponis dan lain - lain," urai Johnny, di Lesehan Tangga Alam, Ndona, Kabupaten Ende, Minggu 22 Mei 2022.

Menurut Johnny, selama ini, Kemenparekraf bekerjasama dengan  LSPMI mensertifikasi para musisi di daerah - daerah destinasi wisata, mengingat para musisi merupakan tulang punggung entertaint di daerah destinasi wisata.

Lanjutnya, Ende sebagai salah daerah pariwisata, tentunya, menjadi alasan mengapa ujian kompetensi musik ini juga dilaksanakan di Ende. Bahkan, Ende menjadi kabupaten pertama di Flores, pelaksanaan ujian kompetensi musik.

Baca juga: GPDRR 2022 di Bali Untuk Mitigasi Bencana Dunia

Johnny menjelaskan, sertifikasi ini untuk memicu kreativitas dan kualitas dari para musisi. "Jadi suatu saat hotel - hotel, cafe, mensyaratkan harus ada sertifikat, sehingga mendapat jaminan bahwa yang bermain itu bermutu, maka yang belum berkompeten akan berupaya untuk kompeten supaya dapat sertifikat," ujarnya.

Sementara itu Ketua PAPRI Ende, Antonius Yohanes Bata atau akrab disapa Aries Putra Lawa, yang hadir bersama Johnny di Tangga Alam, menyambut antusias ujian kompetensi musik bagi para musisi di Kabupaten Ende.

"Tentu ini menjadi kesempatan dan kebanggaan bagi kita di Kabupaten Ende. Kabupaten Ende jadi kabupaten pertama di Flores, ujian kompetensi musik ini diadakan," tutur Aries.

Aries menyebut, pihaknya sudah menyiapkan 27 nama musisi Ende yang akan mengikuti ujian kompetensi. Menurutnya, PAPRI akan mendorong peningkatan kualitas dan kreatif para musisi di Kabupaten Ende sehingga semakin banyak yang tersertifikasi.

Baca juga: Gubernur NTT Lantik Penjabat Bupati Flores Timur dan Lembata

Dia menguraikan, PAPRI Ende mempunyai tekad yang besar untuk mempromosikan pariwisata di Ende ini. Dia menyebut, PAPPRI Ende kita berencana menggelar Festival Jazz Kelimutu, sebagai salah satu bentuk promosi pariwisata. (*)

Berita Ende Hari Ini

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved