Unwira Kupang

Kepala LPPM Unika Kupang Harap Publikasi Bantu Beri Informasi ke Publik 

Ini juga membantu masyarakat agar dipermudah mencari informasi atau hal-hal berkaitan lainnya

Editor: Edi Hayong
POS-KUPANG.COM/IRFAN HOI
Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Katolik Widya Mandira (Unika) Kupang, Dr. Maximus M. Taek, M. Si 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG-- Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Katolik Widya Mandira (Unika) Kupang, Dr. Maximus M. Taek, M. Si, menyebut publikasi bisa memberi informasi sekaligus mengedukasi publik. Hasil penelitian yang dilakukan dosen dan mahasiswa, merupakan bahan yang bisa dipublikasikan dengan narasi yang mudah dipahami. 

"Ada dua kategori publikasi. Pertama publikasi yang sifatnya ilmiah akademik seperti jurnal dan publikasi populer. Mungkin barangnya sama, tapi disampaikan dengan cara yang lebih populer dan dengan bahasa yang mudah dicerna oleh semua kalangan," katanya, Rabu 20 April 2022 saat berkunjung ke Kantor Pos Kupang.  

Target dari publikasi ini diharapkan bisa membagi informasi keilmuan dari penelitian yang bisa diaplikasikan masyarakat luas. Dampak untuk peneliti sendiri, sebagai sesuatu untuk mempromosikan diri kepada publik.

Baca juga: Shinzo Abe Ingin Amerika Serikat Berjanji untuk Membela Taiwan. Itu Sebuah Kesalahan

Ini juga membantu masyarakat agar dipermudah mencari informasi atau hal-hal berkaitan lainnya. 

Menurutnya, pelaksanaan penelitian menggunakan hibah Unika reguler, artinya disupport oleh yayasan untuk para dosen dalam melakukan penelitian. Pemberlakuan tiap semester, dengan 2-3 judul dari tiap prodi, pada total 21 prodi. Sejauh ini, semua target ini tercapai. 

Maxi menjelaskan, publikasi ini ada dua sisi yakni, ketika orang itu dasarnya tidak serius, dan kemudian di publikasikan merupakan hal nekat. Untuk itu, penelitian harus berlatar dengan pemikiran dan tujuan yang jelas. 

Baca juga: Dagu Naris Kaboax Dijahit Akibat Kecelakaan Lalulintas

Posisi Pos Kupang membantu dalam proses penyiaran atau publikasi. Sisi lain, selaku regulator, ia menyebut, desakan dari Pos Kupang juga diharapkan agar pihaknya bisa menggerakkan para peneliti untuk segera melakukan penelitian dan dipublikasikan.

Menurutnya, publikasi ini sangat penting karena adalah hal baik. Selama ini, dia menyebut UNIKA hanya bergerak dalam internal sehingga baik dan buruk hanya berada pada lingkungan itu. 

"Kalau dengan Pos Kupang menyiarkan ini, kami juga ya harus meneliti dengan baik," katanya.  

Baca juga: Peringati HUT ke-26 Kota Kupang,Sentra UMKM Apasa Adakan Lomba Masak Nasi Goreng Amatir Bahan Lokal

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved