Berita Malaka Hari Ini

Dispar Malaka bersama Komisi II DPRD  Malaka, Audiens dengan Kemenperakraf RI

Tim Dinas Pariwisata (Dispar) Malaka bersama Komisi II DPRD  Malaka melakukan audiens dengan kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI di Jakarta

Penulis: Edi Hayong | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/HO-KADIS DISPAR MALAKA
Tim Dinas Pariwisata (Dispar) Malaka bersama Komisi II DPRD  Malaka melakukan audiens dengan kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI di Jakarta, pada Selasa 6 April 2022 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Edi Hayong

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Tim Dinas Pariwisata (Dispar) Malaka bersama Komisi II DPRD  Malaka melakukan audiens dengan kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI di Jakarta, pada tanggal 6 April 2022. 

Wakil Ketua DPRD, Hendrik Fahik, SH pada kesempatan itu, menyampaikan perlu adanya dukungan dan perhatian konkrit dari Pemerintah Pusat melalui kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk membantu pengembangan pariwisata di daerah perbatasan.

Pasalnya, Kabupaten Malaka merupakan salah satu show window NKRI. Malaka menjadi cerminan citra dan harga diri bangsa, karena letak dan posisinya yg berbatasan langsung wilayah darat, laut dan udara dengan Negara Timor Leste, juga Negara Australia.

Sedangkan Kadis Pariwisata Malaka, Aloysius Werang, SH,MM dalam presentasinya menyampaikan bahwa sudah saatnya geliat pariwisata perbatasan dihidupkan dengan berbagai program dan kegiatan. 

Program dan Kegiatan yang disampaikan Kadis Pariwisata merupakan Rencana Aksi  yang disepakati melalui FGD Penta Helix pengembangan pariwisata Malaka, yang digelar pada tanggal 15 Maret bersama stakeholders Pariwisata Malaka.

Baca juga: Terungkap, Legenda Maradona Mati Miskin, Tinggalkan Hutang Miliaran Rupiah, 5 Anak dari 4 Perempuan

 Program  dan kegiatan tersebut antara lain: rencana pengembangan/rehabilitasi destinasi wisata Motadikin pasca badai seroja, pembangunan pantai Abudenok, Pantai Taberek, Penangkaran Buaya di Teluk Maubesi dan Komu Lamea, Rest Area Weklese dan menggelar even pariwisata. 

Beberapa usulan program kegiatan tersebuat sebagian didanai dari APBD Malaka.  Diharapkan juga mendapat intervensi anggaran dari APBD Provinsi juga APBN melalui kementrian terkait, termasuk Kemenparekraf.

Kementrian Pariwisata melalui Sesdep Oneng Setya Harini, menyampaikan penghargaan kepada pemkab Malaka bersama DPRD Malaka, atas niat baiknya. 

Kementrian Pariwisata tidak berjanji tetapi akan memberikan perhatian dan dukungan kepada pengembangan pariwisata Malaka, mengingat Malaka adalah daerah perbatasan. 

Baca juga: Perang Rusia vs Ukraina: Istri Cantik Presiden Rusia Vladimir Putin Alina Kabaev Diusir dari Swiss?

Dengan mengangkat Isu daerah perbatasan, kementerian Parekraf akan  mengajak dan menggandengi kementrian dan Lembaga terkait untuk mengembangkan pariwisata Malaka, pungkasnya.

Hendrikus Fahik, SH selaku Ketua Tim pada akhir audiens tersebut, mengundang  kehadiran kementerian Pariwisata pada pagelaran festival atau even pariwisata yang akan digelar di kabupaten Malaka dalam waktu dekat.

Aloysius yang juga mantan Kepala Badan Keuangan Pemda Malaka ini menambahkan, selain Kementrian Pariwisata, pemkab Malaka melalui Dinas Pariwisata  Malaka juga akan menyampaikan proposal usulan program dan kegiatan pengembangan pariwisata daerah ke Pemprov NTT melalui Dinas Parekraf Provinsi NTT.

Hadir pada kesempatan Itu, Wakil Ketua II DPRD Malaka, Hendrikus Fahik, SH, Ketua Komisi II,  Bernadethe Luruk Seran,SP,  Petrus Nahak ST (Wakil Ketua Komisi II), Marselina  Febiyanti Fanu (anggota komisi), Adrianus Neno Meta, SH (Sekretaris Komisi),  Andereas Nahak Seran SH (anggota) Antonius Un (anggota).

Dari unsur pemkab Malaka dihadiri Kadis Pariwisata Malaka, Aloysius Werang, SH,MM, Kabag Keuangan Setwan Malaka.

Baca juga: MotoGP: Kini di Puncak Klasemen, Fakta Espargaro Juara MotoGP Argentina 2022, Ini Urutan Klasemen

Sementara dari kementrian hadir Menteri Pariwisata yang diwakilkan Asdep Pengembangan Destinas Wilayah II, didampingi Tim Direktorat pengembangan destinasi II (pengampu area NTT), Faruk Alfian, Parlan, serta Ibu Nuke.(*)

Tim Dinas Pariwisata (Dispar) Malaka bersama Komisi II DPRD  Malaka melakukan audiens dengan kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI di Jakarta, pad
Tim Dinas Pariwisata (Dispar) Malaka bersama Komisi II DPRD  Malaka melakukan audiens dengan kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI di Jakarta, pad (POS-KUPANG.COM/HO-KADIS DISPAR MALAKA)
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved