Berita Provinsi NTT Hari ini

Jumlah Kasus Covid-19 Meningkat, Pemprov NTT Percepat Vaksinasi

Melonjaknya  kasus covid-19 seperti ini maka pemerintah akan mempercepat vaksinasi bagi masyarakat

Editor: Edi Hayong
DOK. TRIBUN
ILUSTRASI - Ilustrasi virus  

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Jumlah kasus Covid-19 di Nusa Tenggara Timur terus mengalami peningkatan. Posisi tanggal  11 Februari 2022, total pasien yang terpapar covid-19 dan sedang dalam perawatan sebanyak 674 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, dr. Meserasi Ataupah, Minggu 13 Februari 2022 menyebut, melonjaknya  kasus covid-19 seperti ini maka pemerintah akan mempercepat vaksinasi bagi masyarakat.

Menurut dia, dengan ini agar mencegah terjadinya lonjakan kasus yang tinggi, terutama di Kabupaten/Kota di NTT.

Dia merinci,  kasus ini tersebut tersebar di 14 Kabupaten/Kota yakni Kota Kupang 32 kasus, Manggarai Barat 16 kasus, Sumba Timur 15 kasus, Sumba Barat Daya 8 kasus, Belu, Sikka, Ende dan Ngada masing-masing 4 kasus.

Sementara kabupaten Sumba Barat 3 kasus, kabupaten Kupang 2 kasus, Manggarai 2 kasus, TTS 1, Sumba Tengah 1 kasus dan Kabupaten Malaka 1 kasus.

"Kasus tersebut diketahui melalui hasil pemeriksaan 1.472 spesimen di 14 laboratorium tes," katanya.

Menurut dia, jumlah pasien covid-19 sembuh juga terus bertambah. Pasien sembuh sebanyak 17 orang yakni Kabupaten Manggarai Timur 5 orang, Manggarai 4 orang.

Kabupaten Belu, Kota Kupang dan Flores Timur masing-masing 2 orang dan  Sikka serta Sabu Raijua masing-masing sumbang 1 pasian sembuh.

"Total kasus kematian untuk tahun 2022 belum ada dan hingga saat kasus kematian sebanyak 1355 orang," sebut dia.

Hasil penelitian, kata Meserasi, virus covid-19 bisa dibentengi dengan vaksinasi seperti yang telah disediakan Pemerintah pada sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) di NTT.

Untuk itu, masyarakat agar terus disampaikan agar mengikuti vaksinasi. Demikian juga dengan masyarakat yang harus menyadari pentingnya vaksin. Pemerintah Daerah juga diminta untuk bekerjasama dengan sejumlah instansi terkait dalam pelayanan vaksinasi.

"Pemda terus melakukan kerjasama dengan TNI-Polri dalam memberikan vaksin karena sejauh ini belum ada obat yang menyembuhkan pasien covid-19, hanya dengan vaksin," tambah Meserasi.

Meserasi juga menyampaikan adanya varian baru omicron yang sudah masuk ke wilayah NTT. Dalam mengantisipasi, lonjakan kasus, dr. Meserasi mengklaim telah mempelajari strategi penanganan virus omicron di daerah lain.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved