Berita Kota Kupang

Hingga Juni 2021, 1.326 Kasus Perceraian Terjadi di Kota Kupang

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Kupang mencatat, selama periode Januari – Juni 2021, kasus perceraian yang ditangani

Editor: Ferry Ndoen
KOMPAS IMAGES / DHONI SETIAWAN
Gedung Mahkamah Agung. 

Laporan Kontributor POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Kupang mencatat, selama periode Januari – Juni 2021, kasus perceraian yang ditangani instansi itu mencapai 1.326 kasus.

“Sebanyak 1.326 kasus telah selesai putusan pengadilan,” kata Kepala Dinas Dukcapil Kota Kupang, Angela Tamo Inya, saat diwawancarai Jumat 28 Januari 2022.

Angela mengatakan, data kasus perceraian tertinggi terdapat di Kecamatan Oebobo. Jumlahnya mencapai 340 kasus.

Kasus perceraian tertinggi kedua, lanjut Angela, di Kecamatan Maulafa dengan 250 kasus. Selanjutnya, Kecamatan Alak di posisi ketiga dengan 209 kasus perceraian, dan Kecamatan Kota Raja diurutan keempat dengan 207 kasus perceraian.

Posisi kelima, sebut Angela, yakni Kecamatan Kelapa Lima dengan 176 kasus, dan Kecamatan Kota Lama menjadi daerah paling sedikit perceraian, yakni 144 kasus.

Baca juga: Alumni SMANSA Kupang Angkatan 83 Gelar Syukuran Natal dan Tahun Baru Bersama

Angela mengaku, pihaknya belum dapat merilis data jumlah perceraian pada semester kedua atau rentang waktu Juli hingga Desember 2021.

Hal ini karena pihaknya masih menunggu rilis yang dikeluarkan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri.

“Data semester kedua kami belum bisa rilis karena masih menunggu dara dari pusat,” sebutnya.

Angela juga mengaku tidak mengetahui secara jelas penyebab dari perceraian yang bisa dibilang banyak terjadi itu. Dukcapil hanya menerbitkan akte perceraian.

Baca juga: Listrik di DPRD Kota Kupang Kembali Nyala Setelah Lunasi Tunggakan

“Kami hanya menerima putusan Pengadilan dimana menunjuk Dukcapil untuk menerbitkan akte perceraian, dan tidak ada isian penyebab perceraian,” tandasnya. (*)

Berita Kota Kupang lainnya:

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved