Breaking News:

Berita Malaka

Pemerintah Daerah Malaka Siapkan Lokasi Karantina Terpusat 

pemerintah tetap berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pemiliknya untuk mempersiapkan secara baik.

Penulis: Edy Hayong | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/EDI HAYONG
Bupati Malaka, Simon Nahak didampingi Wabup Kim Taolin, saat memimpin rapat peningkatan penanganan covid-19 dan kesiapan tempat karantina yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Malaka, Jumat 14 Januari 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong

POS-KUPANG.COM, BETUN - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Malaka sudah mempersiapkan tempat karantina secara terpusat yang berlokasi di PLBN Motamasin.

Persiapan lokasi karantina ini  untuk mengantisipasi merebaknya kasus Covid-19 dan Omicron.

Pasalnya, kawasan PLBN Motamasin dipandang sangat  representatif untuk dihuni, jika lonjakan kasus ini menjadi besar. 

Baca juga: Kapolres Malaka: Peran Media Dibutuhkan dalam Mendorong Warga Sadar Vaksin

Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH, MH menyampaikan hal ini kepada wartawan usai memimpin rapat peningkatan penanganan covid-19 dan kesiapan tempat karantina yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Malaka, Jumat 14 Januari 2022. 

Bupati Simon Nahak mengaku di Kabupaten Malaka ini masih tetap berada di zona hijau, artinya hingga detik ini tidak ada warga yang terpapar covid-19. 

Akan tetapi kondisi ini diharapkan warga tidak  terlena dengan realitas yang ada, tapi harus terus mengkampanyekan peningkatan protokol covid pada setiap lapisan masyarakat.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Tahap I di Kabupaten Malaka Capai 75 Persen

Ditanya fokus untuk karantina, Bupati Malaka menyebutkan bahwa tempat karantina itu wajib ada, agar pelintas batas yang melintas di wilayah Malaka dan kedapatan terpapar, wajib hukumnya untuk dikarantina. 

"Karantina itu hukumnya wajib jika ada warga atau pelintas yang terpapar. Ini juga sebagai tanggung jawab kemanusiaan," kata Doktor Hukum Pidana ini. 

Sementara untuk hotel-hotel yang ada di sekitar Kota Betun, kata Simon, pemerintah tetap berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pemiliknya untuk mempersiapkan secara baik.

Baca juga: Bupati Malaka Ganti Nama Jembatan Benenai

Wakil Bupati Malaka, Louise Lucky Taolin menambahkan, sikap antisipatif  pemerintah ini diharapkan agar  lintas sektoral digerakkan. 

"Kita inginkan semua lintas sektoral bergerak dan menjalin kerja sama yang baik dalam mengantisipasi persoalan seperti ini," ujar Kim Taolin. 

Wabup juga menegaskan agar adanya tempat yang representatif, yang dapat digunakan oleh mereka yang terpapar covid sehingga bisa mendapatkan penangangan yang lebih baik. 

Hadir dalam rapat ini, Plh. Sekda Malaka, Staf Ahli Bupati Malaka, para Asisten Sekda Malaka, Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Malaka, Tokoh Agama dan para pemilik hotel.(*)

Berita Malaka Terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved