Breaking News:

Berita Manggarai Barat

Lima OPD di Mabar Ikut Laporan Kegiatan Proof Of Concept Satu Data Indonesia PT Telkom Indonesia

menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan integrasi data antara PT. Telkom indonesia dengan Pemkab Manggarai Barat

Penulis: Gecio Viana | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/HO-HUMAS KOMINFO MABAR
Suasana laporan akhir kegiatan Proof Of Concept/Trial Platform Satu Data Indonesia PT Telkom Indonesia di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) di Meeting Room “Nera Lounge” La Cecile Labuan Bajo pada Senin 10 Januari 2022. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM, LABUAN BAJO - PT Telkom Indonesia menggelar kegiatan laporan akhir kegiatan Proof Of Concept / Trial Platform Satu Data Indonesia PT Telkom Indonesia di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), terhadap integrasi 5 (lima) Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

Kegiatan tersebut dilakukan di Meeting Room “Nera Lounge” La Cecile Labuan Bajo pada Senin 10 Januari 2022.

Kelima OPD OPD yang diujicobakan yaitu Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pertanian, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Penanaman Modal, Perijinan Terpadu Satu Pintu

Baca juga: Gelombang Tinggi Empat Meter Berpotensi Terjadi di Selatan Sumba 

Agenda yang dibahas antara lain terkait: Pelaporan Hasil Pengelolaan dan Integrasi 5 OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat.

Kemudian presentasi kapabilitas Platform Satu Data milik PT Telkom yaitu “BigOne” yang dinilai telah mampu mengakomodir implementasi Satu Data Kabupaten Manggarai Barat selama 3 Bulan (Oktober 2021-December 2021) dalam kegiatan Proof of Concept / Trial.

Chief Executive Officer Bigbox Telkom,  Muhammad Sigit Pramudya dalam arahannya menjelaskan, BigOne adalah solusi berbasis Bigdata yang dikembangkan oleh PT. Telkom Indonesia melalui produk Bigbox untuk membantu sektor pemerintahan dalam pengelolaan dan integrasi data 

Baca juga: Begini Capaian Vaksinasi Covid-19 Anak Dosis Pertama di Kabupaten Manggarai Barat

"Sesuai dengan Peraturan Presiden No 39 Tahun 2019 dimana berisi tentang inisiatif pemerintah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tata kelola data di sektor pemerintahan. Dan data di pemerintahan harus memiliki 4 indikator yaitu : Satu Standar, Satu Metadata, Interoperabilitas, dan Referensi Data," jelasnya dalam rilis yang diterima dari Dinas Kominfo Mabar, Rabu 12 Januari 2022.

Sementara itu Kadis Kominfo Mabar, Paulus Setahu menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan integrasi data antara PT. Telkom indonesia dengan Pemkab Manggarai Barat khususnya 5 OPD. 

Ia berharap Kagiatan ini dapat mewujudkan program satu data Indonesia yang telah dicanangkan pemerintah pusat.(*)

Berita Manggarai Barat Terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved