Breaking News:

Berita Sumba Timur

Gelombang Tinggi Empat Meter Berpotensi Terjadi di Selatan Sumba 

berawan pada pagi hari, berawan tebal hingga hujan ringan pada siang hari serta berawan hingga hujan ringan pada malam

Penulis: Ryan Nong | Editor: Rosalina Woso
KOMPAS.com/StockSnap/Pixabay
Ilustrasi Gelombang Laut 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Umbu Mehang Kunda Sumba Timur kembali mengimbau masyarakat nelayan dan para pelaku kegiatan wisata bahari agar memperhatikan tinggi gelombang laut dalam tentang waktu tiga hari kedepan. 

Berdasarkan informasi cuaca harian Wilayah Waingapu dan Tambolaka pada 13 hingga 15 Januari 2021, gelombang tinggi berpotensi terjadi di wilayah Sumba, Nusa Tenggara Timur. 

Plt. Kepala Stasiun Meteorologi Umbu Mehang Kunda Sumba Timur, Yenny Margareth Thenu, S.Tr melalui Forecaster on duty, Muhammad Subagya, menyebut gelombang dengan tinggi 1,25 hingga 2,5 meter berpotensi terjadi di Selat Sumba. Tinggi gelombang beresiko terhadap kapal nelayan dan tongkang. 

Baca juga: Pemutusan Kerjasama Sepihak RSUD Umbu Rara Meha, DPRD Sumba Timur Beri Waktu 14 Hari Rekonsiliasi 

Sementara itu, Gelombang laut dengan ketinggian berkisar 4  hingga 5 meter juga diprediksi terjadi di Samudra Hindia Selatan Sumba.

Tingginya gelombang laut itu beresiko terhadap kapal ukuran besar seperti kapal kargo dan kapal pesiar. 

"Masyarakat Nelayan dan pelaku wisata bahari agar memperhatikan tinggi gelombang laut mencapai dua meter atau lebih," demikian Subagya. 

Baca juga: Simak Jadwal dan Lokasi Vaksinasi Covid-19 di Sumba Timur Hari Ini

Berdasarkan data pengamatan Sinoptik dan dari pengamatan citra satelit menunjukan kondisi cuaca cerah berawan pada pagi, berawan tebal pada siang hari dan berawan pada malam hingga dini hari berikutnya. 

Suhu udara berkisar 24' hingga 32' C dengan kelembaban berkisar 65-95%. Angin pada umumnya bertiup dari barat daya dengan kecepatan 30 km/jam.

Untuk wilayah Waingapu, berawan pada pagi hari, berawan tebal hingga hujan ringan pada siang hari serta berawan hingga hujan ringan pada malam hingga dini hari. 

Baca juga: Tidak Ada tambahan Kasus Baru, Sumba Timur Perpanjang Zona Hijau Zero Covid-19

Stasiun Meteorologi Umbu Mehang kunda juga memprediksi tiga hari kedepan, berawan pada pagi hari, hujan disertai petir pada siang hari dan berawan pada malam hingga dini hari. (*)

Berita Sumba Timur Terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved