Breaking News:

Mengenal Kebijakan Hapus Buku Kredit pada Bank

Hapus buku kredit adalah penghapusan pinjaman macet yang tidak dapat ditagih lagi dari neraca dan dicatat pada rekening administratif.

Editor: Agustinus Sape
FOTO PRIBADI
Eddy Ngganggus 

Mengenal Kebijakan Hapus Buku Kredit pada Bank

Oleh: Eddy Ngganggus

POS-KUPANG.COM - Sejumlah bank melakukan Hapus Buku (HB) kredit (write-off). Kriterianya adalah kredit yang sudah masuk kategori macet (Non Performing Loan/NPL) dalam jangka waktu lama.

Pengertian hapus buku kredit itu sendiri adalah penghapusan pinjaman macet yang tidak dapat ditagih lagi dari neraca (on-balance sheet) dan dicatat pada rekening administratif (off-balance sheet).

Secara akuntansi, hapus buku kredit macet tersebut merupakan sumber beban yang secara akuntansi dibukukan pada akun Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP).

Meskipun pinjaman macet tersebut telah dihapusbukukan, hal ini hanya bersifat administratif saja sehingga penagihan terhadap debitur tetap dilakukan. Apa yang dilakukan hanyalah hapus buku bukan hapus tagih.

Yang membedakan keduanya adalah hapus buku bermakna debitur tidak kehilangan kewajiban untuk melunasi hutangnya pada bank selanjutnya pencatatan piutang tersebut tidak lagi dalam neraca dengan maksud agar kualitas kredit yang berada di dalamnya berkategori baik, sedangkan hapus tagih bermakna debitur tidak memiliki kewajiban untuk melunasi hutangnya.

Ada sedikit kesamaan pengertian hapus tagih dengan pengertian “pemutihan aset”, namun berbeda dengan Hapus Buku. Secara akuntansi untuk kedua hal ini pencatatannya berada di luar Neraca (Extra comtable).

Bila pinjamannya berhasil ditagih, maka hasil tagihan pokok pinjaman dibukukan ke rekening Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAPP), sedangkan tagihan bunga dibukukan sebagai pendapatan lainnya.

Baca juga: Begini Penjelasan Dugaan Penipuan Nasabah Oleh Mantan Pegawai Salah Satu Bank BUMN di TTU

Kebijakan tentang hapus buku diatur dalam sejumlah Peraturan OJK (POJK), salah satunya Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 40/POJK.03/2019 tentang Penilaian Kualitas Aset Bank Umum.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved