Breaking News:

Berita Lembata

Bersama Petani, Kopdit Ankara Tanam Jagung Hibrida di Desa Petun Tawa Lembata

Bersama Petani, Kopdit Ankara Tanam Jagung Hibrida di Desa Petun Tawa Kabupaten Lembata

Penulis: Ricardus Wawo | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/DOKUMEN ANKARA LEMBATA
KOPDIT ANKARA-Ulang tahun ke-34 KSP Kopdit Aneka Karya (Ankara) pada Selasa (10/1/2022) dirayakan dengan cara berbeda. Selain talkshow di tengah kebun milik warga desa Petun Tawa, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, perayaan HUT ke-34 KSP Kopdit Ankara juga ditandai dengan penanaman perdana jagung hibrida. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo

POS-KUPANG.COM, LEWOLEBA-Ulang tahun ke-34 KSP Kopdit Aneka Karya ( Ankara) pada Selasa (10/1/2022) dirayakan dengan cara berbeda. Selain talkshow di tengah kebun milik warga desa Petun Tawa, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, perayaan HUT ke-34 KSP Kopdit Ankara juga ditandai dengan penanaman perdana jagung hibrida.

Puluhan petani dari Desa Petun Tawa turut mengikuti kegiatan tanam perdana di atas lahan milik Bumdes Petun Tawa seluas kurang lebih 1 hektar ini. Dalam talk show ini juga, KSP Kopdit Ankara mengajak generasi milenial untuk kembali bertani.

Tanam perdana jagung hibrida ini merupakan bagian dari program pemberdayaan mikro KSP Kopdit Ankara bagi petani baik anggota maupun non anggota koperasi, di tengah pandemi Covid-19. Jagung hibrida ini kemudian dibeli oleh KSP Kopdit Ankara selanjutnya akan dipasarkan untuk memenuhi permintaan dalam maupun luar daerah Lembata.

Ketua Dewan Pengurus KSP Kopdit Ankara, Yosep Kia Warat, mengatakan, program ini merupakan upaya KSP Ankara meningkatkan pendapatan masyarakat melalui peningkatan produksi jagung hibrida.

Baca juga: Distan Lembata Dukung Program Menabung Dalam Tanah Kopdit Ankara dan BNI

Menurutnya, sudah saatnya KSP Ankara menyentuh sektor riil untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Apalagi di tengah Pandemi, Yongki mengatakan, tingkat kemampuan membayar pinjaman anggota menurun.

Program ini menurut Yongki merupakan terobosan baru KSP Kopdit Ankara di usianya yang ke-34, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Dia juga mengajak anak muda atau generasi milenial untuk melihat peluang bertani khususnya pengembangan jagung hibrida dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

"KSP Kopdit Ankara melihat sudah saatnya kita harus menyentuh sektor riil. Nah, jagung hibrida sangat potensial di tengah luasnya lahan kita yang belum dioptimalkan," kata pria yang akrab disapa Yongki Warat ini.

"Berbeda dengan jagung jenis lain, hibrida ini jagung industri yang punya pangsa pasar. Oleh karena itu teman-teman muda, teman-teman milenial mari bergerak bersama Ankara," lanjutnya.

Baca juga: 33 Tahun, Jalan Panjang Kopdit Ankara Menuju Era Kejayaan

Sementara itu, General Manager (GM) KSP Kopdit Ankara, Yulius Plea, mengatakan, Lembaga Pemberdayaan Mikro Ankara melihat jagung sebagai sebagai komoditas pertanian asli atau bagian dari kearifan lokal masyarakat Lembata dan Flores Timur. Oleh karena itu, tidak salah jika KSP Ankara menetapkan pertanian jagung hibrida untuk dikembangkan.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved