Breaking News:

Lidah Buaya

Simak 6 Manfaat Lidah Buaya, Obati Jerawat hingga Cegah Tanda Penuaan

Selain membeli di pasaran, Anda juga bisa mendapat gel lidah buaya segar dengan mengambilnya secara langsung dari tanamannya.

Editor: Eflin Rote
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi perempuan memakai lidah buaya sebeum tidur 

POS-KUPANG.COM - Ada banyak produk perawatan kulit yang memakai lidah buaya sebagai bahan dasar.

Bukan tanpa alasan, hal itu terjadi karena ada banyak manfaat lidah buaya yang bisa Anda dapat. Untuk merasakan manfaatnya, cobalah untuk memakai lidah buaya secara teratur.

Selain membeli di pasaran, Anda juga bisa mendapat gel lidah buaya segar dengan mengambilnya secara langsung dari tanamannya.

Namun, Anda perlu berhati-hati dari duri di daun lidah buaya karena bisa melukai kulit Anda.

Baca juga: Campurkan Lidah Buaya dengan Tiga Bahan ini untuk Rambut yang Lebih Subur

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat dari menggunakan gel lidah buaya secara rutin. Mulai dari melembabkan kulit, mengatasi iritasi kulit akibat paparan sinar matahari, mencegah tanda penuaan, dan lain sebagainya.

Mengatasi Iritasi Kulit Akibat Sinar Matahari

Antiinflamasi dan sensasi dingin yang ada dalam lidah buaya mampu mengatasi iritasi kulit akibat paparan sinar matahari. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada area kulit yang terbakar. Seiring berjalannya waktu, kandungan dalam lidah buaya akan mengembalikan kondisi kulit Anda.

Mencegah Tanda Penuaan

Baca juga: 5 Manfaat Jus Lidah Buaya Untuk Kesehatan, Termasuk Mendukung Fungsi Hati

Mengutip dari Pharmeasy (pharmeasy.in), lidah buaya mengandung banyak vitamin C, beta karoten, dan vitamin E. Kandungan itu mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga tanda-tanda penuaan pun berkurang. Tidak berhenti sampai di situ, lidah buaya juga mengandung antibakteri dan antiinflamasi.

Mengobati Jerawat

Apakah Anda memiliki tipe kulit yang mudah berjerawat? Jika iya, cobalah untuk mengatasinya dengan lidah buaya. Antimikroba dan antiseptik dalam lidah buaya efektif mencegah dan melawan bakteri penyebab jerawat.

Tidak hanya itu, lidah buaya juga mengandung polisakarida dan gibberellin. Kandungan itu mampu meningkatkan reproduksi sel kulit dan mengatasi peradangan serta kemerahan akibat jerawat. Pori-pori kulit juga mengecil ketika Anda rutin memakai bahan alami itu.

Baca juga: Ampuh Atasi Masalah Jerawat Meradang, Begini Cara Buat Masker Lidah Buaya

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Manfaat lidah buaya juga berguna untuk mempercepat proses penyembuhan luka di kulit Anda. Mengutip dari Pharmeasy, kandungan dalam lidah buaya mampu meningkatkan regenerasi kulit hingga delapan kali lebih cepat.

Menyamarkan Noda Hitam

Bagi Anda yang memiliki banyak noda hitam, baik bekas jerawat atau tanda penuaan, cobalah untuk menyamarkannya dengan memakai lidah buaya. Manfaat lidah buaya itu akan semakin terasa jika Anda mencampurnya dengan air lemon.

Namun, karena mengandung banyak zat asam, Anda perlu melakukan uji coba dulu. Oleskan campuran lidah buaya dan air lemon pada satu bagian kulit. Jika tidak ada reaksi alergi yang keluar, berarti kombinasi bahan alami itu cukup aman untuk dipakai.

Melembabkan Kulit

Jika Anda memiliki tipe kulit kering, cobalah untuk rutin memakai gel lidah buaya. Kandungan dalam bahan alami itu akan mengunci kelembaban kulit sehingga masalah yang muncul karena kulit kering bisa berkurang.

Artikel kesehatan lainnya

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul "Mengobati Jerawat, Simak 6 Manfaat Lidah Buaya Ini"

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved