Berita Manggarai

Mantovanny Tapung: Hasil Penjualan Buku Kenangan Pater Servulus, Disumbangkan untuk Kaum ODGJ

Hasil penjualan buku Buku Bunga Rampai Mengenang Tokoh Pater Servulus Isaak disumbangkan kepada kaum ODGJ di Manggarai Timur

Penulis: Robert Ropo | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Dr Mantovanny Tapung 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, RUTENG - Hasil penjualan buku Buku Bunga Rampai Mengenang Tokoh Pater Servulus Isaak, SVD, 'Discernment Gagasan, Nilai, dan Sikap Hidup' (Penerbit Unika St Paulus Ruteng, 2021), akan disumbangkan kepada kaum Orang Dengam Gangguan Jiwa ( ODGJ) di Manggarai Timur.

Hal ini disampaikan oleh Dr Mantovanny Tapung selaku penggagas kegiatan lauching buku Bunga Rampai ini, di kantor Perennial Institute, Jumat, 7 Januari 2022.

Sementara kegiatan lauching sendiri akan diadakan pada pada hari Sabtu, 8 Januari 2022 di Caffee for Rest, Borong, Manggarai Timur.

Mantovanny juga mengungkapkan, alasan mengapa hasil penjualan buku akan disumbangkan untuk kaum ODGJ.

Baca juga: Pater Servulus Isaak SVD Tutup Usia, Ini Kesaksian Konfrater SVD Ruteng, Pater Wilfrid Babun SVD

Pertama, masa-masa akhir hidupnya, Pater Servulus banyak berhubungan dengan kegiatan pelayanan penyembuhan kepada orang-orang sakit badan maupun jiwa. Pater Servulus melayani orang-orang sakit yang datang ke rumah SVD Propinsi Ruteng sampai lupa diri untuk makan dan istirahat.

"Dia sudah lengkap menjalankan tri tugas sang guru Sejati, Yesus Kristus, yakni sebagai guru, nabi, dan raja (pimpinan lembaga)"ungkap Mantovanny.

Kedua, Pater Servulus mengembankan tugas sebagai misionaris Societas Verbi Divini (SVD), Pater Servulus telah menunjukan bakti diri untuk kepentingan banyak orang dan terutama misi untuk mengembangkan tri tugas gereja dalam membesarkan kerajaan Allah di dunia, yakni pelayanan (diakonia), persekutuan (koinonia) dan marturia (kesaksian).

Sebagaimana Yesus sang guru sejati, Pater Servulus juga telah menjalankan pelayanannya dari satu tempat ke tempat lain, menyembuhkan orang sakit (seperti sakit pendarahan, sakit demam), memberikan makan banyak orang, menyembuhkan yang kerasukan setan, dan lain sebagainya.

Menurut Mantovanny, praktik pelayanan yang dilakukan oleh mereka yang secara total memperhatikan orang sakit jiwa dan raga, merupakan bagian yang kegiatan sosial karitatif yang perlu diteladani oleh semua pihak, baik di kalangan internal SVD maupun para pelayanan pastoral di gereja regional di NTT.

Lanjutnya, dengan perhatian yang intens dan mendalam kepada orang-orang yang sakit jiwa dan raga, maka kehadiran gereja sebagai lembaga penyelamat di bumi ini benar-benar nyata dan faktual.

"Ada banyak biarawan/wati, klerus, dan awam yang bergerak dalam kegiatan pelayanan sosial karitatif seperti yang sudah dilakukan oleh Pater Servulus. Kegiatan pelayanan mereka harus didukung oleh semua pihak, umat/masyarakat, pemerintah dan gereja itu sendiri,"ungkapnya.

Mantovanny juga menjelaskan, buku Bunga Rampa berjumlah 654 halaman, dengan 35 artikel yang merupakan karya dari 35 penulis dari kalangan akademisi, praktisi, jurnalis, pencinta sastra, keluarga Pater Servulus, dan sejumlah orang lainnya yang mengenalnya dari dekat.

Adapun yang membuku kegiatan ini, Dr Mantovanny Tapung yang merupakan salah satu editor dan Sekretaris Eksekutif Perennial Institute dan dosen Unika St Paulus Ruteng. Sementara pembedah buku ini, Dr Marsel R Payong, M.Pd. (Dosen Unika St. Paulus Ruteng), Direktur Perennial dan Pater Dr Paulus Tolo, SVD (Provinsial SVD Ruteng/Dosen STIPAS St. Sirilus Ruteng), dan Pius Rengka, SH.,MSc (Staf khusus Gubernur NTT).

Adapun yang diundang dalam kegiatan bedah buku ini juga berasal dari berbagai latar belakang profesi, guru, dosen, mahasiswa, birokrat, politisi, jurnalis, aktivis, pastor, dan biarawan/wati.

Kegiatan peluncuran buku ini didukung oleh Unika St Paulus Ruteng, Lembaga Perennial Institute, Bank NTT, Stefanus Gandi Family, Lembaga Politician Academy, Caffee for Rest, Cakrawala NTT, Ciko (Cenggo Inung Kopi Online), The Alecto Band, Kopi Tuk, dan Kelompok Kasih Insanis ODGJ. (*)

Baca Berita Manggarai Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved