Berita Sumba Timur

Perayaan Misa Tutup Tahun dan Tahun Baru Meriah di Kambajawa, Ini Pesan Romo Nazar 

Pergantian tahun menjadi momen refleksi sekaligus momen menatap masa depan. Umat Katolik mensyukuri pergantian tahun d

Penulis: Ryan Nong | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Romo Nazar, Pr., foto bersama para penari dari Paguyuban Sumba Barat yang memeriahkan Misa Tahun Baru 2022 di Gereja Katolik Maria Bunda Selalu Menolong (MBSM) Kambajawa Waingapu, Sabtu 1 Desember 2021. 

Perayaan Misa Tutup Tahun dan Tahun Baru Meriah di Kambajawa, Ini Pesan Romo Nazar 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Ryan Nong 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU -- Pergantian tahun menjadi momen refleksi sekaligus momen menatap masa depan. Umat Katolik mensyukuri pergantian tahun dengan merayakan Misa Tutup Tahun dan Misa Tahun Baru. 

Di Paroki Maria Bunda Selalu Menolong Kambajawa Waingapu, misa tutup tahun dilaksanakan pada Jumat 31 Desember 2021 sore berlangsung meriah dan aman. Demikian pula Misa Tahun baru pada Sabtu, 1 Desember 2022 pagi. Ratusan umat memadati gedung gereja semi permanen dan tenda tenda yang disiapkan panitia di sisi gedung gereja. 

Pada Misa Tutup tahun, Paguyuban Bakalikat Maumere ikut mempersembahkan tarian adat, sementara pada Misa Tahun Baru, persembahan tarian adat dilakukan oleh Paguyuban Sumba Barat. 

Romo Firminus Bonefasius Bego, Pr, pastor kapelan yang memimpin Misa Tahun baru di Gereja itu menyebut refleksi akhir tahun menjadi sebuah dasar untuk membangun hidup baru yang lebih baik. Refleksi menjadi bahan evaluasi perjalanan panjang kehidupan pribadi maupun kehidupan bersama selama tentang waktu setahun. 

Baca juga: Bocah 6 Tahun di Sumba Timur Terbawa Banjir saat Sebrangi Sungai Ngadu Lua

"Dengan refleksi maka umat bisa lebih pasti menatap perjalanan panjang yang membentang selama 2022," ujar pastor yang akrab disapa Romo Nazar itu. 

Sementara itu, momen Misa Tahun Baru yang dirayakan bersamaan dengan Pesta Santa Maria Bunda Allah, sebut Romo Nazar, menjadi momen berharga untuk menimbah berkat. 

"Tahun yang baru harus lebih semangat dimanfaatkan sebagai momen berharga dalam terang santa Maria Bunda Allah sehingga semua umat Katolik bisa lebih optimis melihat ke depan," tambah dia. 

Romo Nazar mengatakan, kasih Tuhan dan Bunda Maria memampukan umat untuk menatap hidup ini dengan penuh sukacita. "Tuhan Yesus memberkati, Bunda Maria Mendoakan," pungkas dia. 

Selain perayaan Misa di Gereja Katolik Maria Bunda Selalu Menolong Kambajawa, ibadat tutup tahun dan ibadat tahun baru juga dilaksanakan di seluruh Gereja Katolik dan Gereja Kristen di wilayah Sumba Timur. (hh) 

Berita Sumba Timur lainnya :

Sumber: Pos Kupang
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved