Berita Manggarai

Yeni Veronika Minta Warga Liang Sola Jangan Takut Vaksin Covid-19 dan Taat Prokes

Anggota DPRD NTT Yeni Veronika Minta Warga Liang Sola Jangan Takut Vaksin Covid-19 dan Taat Prokes

Penulis: Robert Ropo | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Anggota DPRD NTT, Yeni Veronika, SH sedang memantau vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat di Desa Liang Sola. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, RUTENG - Anggota DPRD Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dari Partai Amanat Nasional (PAN), Yeni Veronika SH, kembali memantau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat di Desa Liang Sola, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Senin 20 Desember 2021.

Vaksinasi ini digelar oleh DPD PAN Kabupaten Mabar bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai. Vaksin ini diberikan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN dan anggota DPR RI dari Fraksi PAN.

Turut hadir juga dalam kegiatan vaksinasi ini, anggota DPR Kabupaten Mabar dari Fraksi PAN, Inocentius Peni, Kepala Desa Liang Sola, TNI/Polri, dan petugas Kesehatan dari Puskesmas Wae Nakeng selaku vaksinator.

Dalam kesempatan itu, Yeni Veronika juga mendekati warga yang menerima vaksin untuk memberikan motivasi agar warga jangan takut untuk divaksin dan selalu mentaati Protokol Kesehatan (Prokes).

"Jangan takut, vaksin ini demi kebaikan menjaga kesehatan diri kita sendiri dan orang lain. Saya juga sudah divaksin 2 kali dan baik-baik saja,"ungkapnya.

Yeni juga mengatakan, PAN melaksanakan vaksinasi bagi masyarakat ini untuk membantu pemerintah dalam mempercepat penanganan vaksinasi Covid-19. Dengan harapan semakin banyaknya yang divaksin dapat menciptakan herd immunity (kekebalan kelompok) agar resiko penularan Covid-19 berkurang dan dengan tujuan agar pandemi Covid-19 ini segara berakhir sesuai harapan bersama.

Selain itu, kata Yeni, percepatan Vaksinasi ini juga akan berdampak pada pemulihan anggaran daerah dan negara baik APBD 1, APBD II maupun APBN. Segala program pembangunan pemerintah tidak lagi terhambat dampak pandemi Covid-19 ini.

"selama pandemi Covid-19, ada banyak anggaran pada program-program pemerintah yang direfocusing. Dananya hasil refocusing dialihkan untuk penanganan Covid-19. Jika pelaksanaan vaksinisasi diselesaikan sampai tuntas, seluruh masyarakat sudah divaksin, maka pandemi Covid-19 tidak akan berdampak pada refocusing anggaran seperti saat masyarakat belum mendapatkan vaksin,"ungkapnya.

Yeni juga mengimbau kepada masyarakat yang sudah divaksin untuk
tetap patuh menerapkan Protokol Kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas yang tidak perlu.

Begitu juga bagi yang belum divaksin, Yeni meminta untuk selalu pro aktif mencari informasi pelaksanaan vaksinasi untuk mengikuti vaksin serta tetap menerapkan Prokes.

"Kita semua harus mengambil bagian untuk membantu pemerintah dalam menangani pademi Covid-19, maka dari itu masyarakat tetap taat dan tetap melaksanakan protokol kesehatan, itu juga bagian dukungan pada pemerintah dalam mengatasi pademi ini untuk memperkecil penyebaran virus corona,"tutupnya.

Sementara itu Anggota DPRD, Inocentius Peni menjelaskan, kuota vaksin dari DPP PAN yang diberikan untuk DPD PAN Mabar sebanyak 1.000 dosis. Jumlah tersebut dibagi dalam tiga wilayah kecamatan yang wilayahnya memiliki prosesntasi vaksinasi masih rendah yakni Kecamatan Lembor, Ndoso dan Kecamatan Mbeliling.

Untuk kecamatan Lembor sendiri, jelas Inocentius, dilaksanakan di Desa Liang Sola dengan total vaksin yang dilayani sebanyak 350 dosis. Dan dosis vaksin itu semua dilayani dengan baik untuk melayani masyarakat di desa itu.

Inocentius juga mengimbau masyarakat agar tidak hanya untuk semangat mengikuti vaksinasi, namun juga harus semangat juga dalam menerapkan Prokes sesuai himbauan Pemerintah demi mencegah pandemi Covid-19, agar kedepan program-program pembangunan pemerintah untuk masyarakat tidak lagi terhambat dampak pandemi Covid-19.

Inocentius juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kehadiran Anggota DPRD NTT Fraksi PAN Yeni Veronika untuk memantau vaksinasi itu. Sebab, kehadirannya merupakan berkat bagi masyarakat khususnya Desa Liang Sola.

"Kehadiran ibu Yeni Veronika ini membawa berkat bagi masyarakat di desa ini karena selain pantau vaksinasi Covid-19 dan himbauan taat Prokes, juga masyarakat bisa berdiskusi dan menyampaikan aspirasi mereka secara langsung kepada Ibu Yeni,"ungkapnya. (*)

Baca Berita Manggarai Lainnya

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved