Berita Nagekeo

Bendungan Lambo Segera Dibangun, Ini Manfaatnya untuk Masyarakat

Pemerintah pusat melalui Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II ( BWS NT II) akan segera membangun Bendungan Lambo, di Kabupaten Nagekeo

Penulis: Kanis Jehola | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/KANIS JEHOLA
PPK Pembangunan III, Yohanes Pabi 

Laporan wartawan POS-KUPANG.COM, Kanis Jehola

POS-KUPANG.COM, MBAY - Pemerintah pusat melalui Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II ( BWS NT II) akan segera membangun Bendungan Lambo, di Kabupaten Nagekeo.

Untuk tahap awal akan dimulai dengan pembangunan akses jalan masuk menuju lokasi bendungan yang dilaksanakan Desember 2021 ini.

"Fisik bendungan kita harapkan mulai dibangun awal 2022. Untuk tahap awal akhir tahun ini kita rencanakan bangun akses jalan masuk dulu," kata PPK Pembangunan III, Yohanes Pabi, saat dihubungi pos-kupang.com, belum lama ini.

Bendungan Lambo/Mbay terletak di Sungai Lambo, Desa Rendubutowe, Kecamatan Aesesa Selatan, Kabupaten Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT).

Lokasi bendungan ini berjarak ± 27 Km dari pusat pemerintahan Kabupaten Nagekeo, dengan waktu tempuh ± 45 menit.

Bendungan Lambo/Mbay termasuk dalam Bendungan Proyek Strategis Nasional (PSN) sesuai Perpers 109 Tahun 2020 Tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional sesuai Perpres 109 Tahun 2020.

Bandungan ini nantinya memiliki beberapa manfaat. Selain untuk kebutuhan air baku dengan debit air 205 liter/detik, juga untuk kebutuhan irigasi.

Kebutuhan untuk irigasi ini sangat besar. Air dari Bendungan Lambo ini akan disuplai ke DI Mbay kanan mengairi lahan seluas 4.966 Ha dan DI Mbay Kiri mengairi lahan seluas 932.6 Ha.

Selain untuk kebutuhan air baku dan irigasi, fungsi lain dari pembangunan bendungan ini adalah untuk pengendalian banjir sebesar 283.33 m3/dt 4.

"Karena bendungan ini memiliki potensi pariwisata, maka nantinya akan ditata sedemikian rupa sehingga kelak menjadi obyek wisata baru," kata Yohanes Pabi.

Ruang lingkup utama pekerjaan pembangunan Bandungan Mbay (Paket 1) terdiri dari pekerjaan persiapan, pekerjaan pembuatan/relokasi/rehabilitasi jalan akses, pekerjaan bendungan utama, pekerjaan bangunan fasilitas dan penunjang, penyelenggaraan system manajemen keselamatan konstruksi (SMKK), dan pekerjaan lain-lain.

Harga kontrak paket 1 termasuk pajak pertambahan nilai (PPN) yang diperoleh berdasarkan total harga penawaran terkoreksi Rp 700.693.821.000, termasuk PPN 10 %.

Kontrak dibiayai dari APBN TA 2021-2024, dengan kontraktor PT Waskita Karya (Persero) KSO (kerja sama operasi) PT Bumi Indah.

Sedangkan ruang lingkup utama pekerjaan pembangunan Bandungan Mbay (Paket 2) terdiri dari pekerjaan persiapan, pekerjaan bangunan pengelak, pekerjaan bangunan pelimpah, pekerjaan bangunan pengambilan, penyelenggaraan system manajemen keselamatan konstruksi (SMKK).

Untuk paket 2, harga kontrak termasuk PPN Rp 775.138.405.000 termasuk PPN 10 %. Kontrak dibiayai dari APBN TA 2021-2024, dengan kontraktor PT Brantas (Persero). (kas)

Baca Berita Nagekeo Lainnya

Sumber: Pos Kupang
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved