Breaking News:

Berita Flores Timur

Launching, PT. SAG Flores Timur Expor Perdana Kopra Putih ke Luar Negeri

produksi kopra putih adalah produk turunannya seperti, karbon arang (aktif dan abu putih) juga sabut kelapa

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/AMAR OLA KEDA
Bupati Flotim, Antonius Gege Hadjon bersama Direktur PT.SPA, Rikardus Umbu (baju putih) saat memantau kopra putih yang akan diexpor 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Amar Ola Keda

POS-KUPANG.COM, LARANTUKA-- PT Surya Pertiwi Agrojaya (SAG) yang terletak di Kelurahan Weri, Kecamatan Larantuka, Kabupaten Flores Timur (Flotim), Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan expor perdana kopra putih, Selasa 7 Desember 2021. 

Acara launching perdana kopra putih itu dilakukan Bupati Flotim, Antonius Gege Hadjon. Hadir juga Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Siprianus Ritan, Kepala Dinas Penanaman Modal Satu Pintu, Baharudin dan Kepala Bagian Ekonomi, Julian Mitak. 

Bupati Flores Timur, Antonius Gege Hadjon mengatakan, masalah yang selama ini dihadapi para petani Flotim adalah harga kopra dan pengikatan nilai dari produksi pertanian. Hadirnya PT SAG yang memproduksi kopra putih, akan berdampak pada peningkatan nilai yang cukup baik.

"Saya pikir petani di Flotim sudah harus beralih dari kopra hitam ke kopra putih," ujarnya. 

Baca juga: Embat Uang Daerah, Harta Benda Milik 10 ASN di Flores Timur Terancam Disita

Menurut dia, pemerintah daerah Flotim mendukung penuh produksi kopra putih oleh PT. SAG. Karena, menurut dia, peningkatan nilai sebuah produk pertanian, akan berdampak ekonomi ke petani dan adanya lapangan kerja baru. 

"Saya sudah sampaikan ke Direktur PT. SAG, apa bisa membantu melakukan pendampingan petani di Flotim? Dan disetujui, karena nereka ada konsultan khusus kopra putih," katanya. 

Direktur PT. SAG, Rikardus Umbu mengatakan, sebanyak 15 ton kopra putih yang dikirim dalam ekspor perdana itu. Kopra putih itu, akan dikirim ke luar negeri seperti, India, Turki dan Dubai

Ada tiga jenis produksi kopra putih yang diekspor diantaranya, tipe edibel, reguler dan sisa limbah produksi yang masuk kategori kopra asalan. 

Baca juga: Badan Intelejen Negara Daerah NTT Gelar Vaksinasi Massal di Flores Timur

"Hal paling terpenting dalam produksi kopra putih adalah produk turunannya seperti, karbon arang (aktif dan abu putih) juga sabut kelapa," jelasnya. 

Ia menambahkan, kualitas kopra putih di Flores Timur menjadi incaran pengusaha-pengusaha luar negeri.

"Sangat tebal dan manis dan akan menjadi bahan baku produk makanan, kosmetik dan farmasi. Kehadiran kami membawa solusi dari nilai produk kelapa. Kita punya potensi dan punya nilai kualitas tinggi," tutupnya. (*)

Berita Flores Timur Terkini
 

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved