Breaking News:

Baru Jadi Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa Tangkap Sinyal Ancaman di LCS Natuna Terancam?

Panglima TNI , Jenderal Andia Perkasa baru saja dilanti menjadi anggota TNI usai dilantik Presiden Joko Widodo pada Rabu, 17 November 2021.

Editor: Alfred Dama
Istimewa Via WartaKotaLive.com
Panglima TNI , Jenderal Andika Perkasa 

POS KUPANG.COM -- Panglima TNI , Jenderal Andia Perkasa baru saja dilanti menjadi anggota TNI usai dilantik Presiden Joko Widodo pada Rabu, 17 November 2021.

Baru saja dilantik, orang nomor satu di jajaran TNI itu langsung mendapat sintal megenai adanya ancamn di Laut China Selatan atau LCS

Ancaman serius memang kini tengah dihadapi sejumlah negara termasuk Indonesia di kawasan yang berbatasan langsung dengan Laut China Selatan.

Tanpa menunggu lama, Jenderal Andika Perkasa pun langsung tancap gas perkuat pertahanan Indonesia di kawasan tersebut.

Baca juga: Militer China Minta AS Hentikan Aktivitas Militer di Laut China Selatan

Hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan atas gangguan di Laut Natuna yang menjadi jalan masuk menuju Laut China Selatan.

Tindakan Panglima TNI tersebut pun dibenarkan oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD.

"Awal tahun 2020, ketika kapal-kapal China sangat provokatif, kami (Mahfud MD dan Presiden Jokowi) datang ke Laut Natuna, dan kemudian kami mengatakan jika Natuna adalah teritori kami. Karenanya, semuanya mundur," Mahfud mencatat dalam pernyataan hari Rabu lalu, melansir dari Antara.

"Kami akan memperkuat pertahanan di laut, darat dan di udara dan juga mengatur pemangku kepentingan maritim dalam menangani gangguan yang muncul dari luar," ujarnya selama perjalanannya ke Pulau Laut, Distrik Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa.

Baca juga: Filipina Akan Melanjutkan Misi Pasokan ke Laut China Selatan Setelah Kebuntuan dengan China

Selama beberapa waktu terakhir bahkan tercatat sejumlah kapal asing dan perahu melewati Laut Natuna.

Dengan kenekatan kapal-kapal asing tersebut menjadi catatan besar bagi Jenderal Andika Perkasa hingga tak mau terlena di beberapa titik perbatasan RI.

Halaman
12
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved