Breaking News:

Timor Leste

Timor Leste Menghadapi Momen Make atau Break

Diversifikasi ekonomi, yang sangat bergantung pada minyak dan gas, adalah tugas terbesar yang dihadapi Timor Leste.

Editor: Agustinus Sape
Istimewa
Ilustrasi Bendera Timor Leste 

Timor Leste Menghadapi Momen Make atau Break

Diversifikasi ekonomi, yang sangat bergantung pada minyak dan gas, adalah tugas terbesar yang dihadapi Timor Leste. Waktunya sekarang, dan setiap detik berarti.

POS-KUPANG.COM - Sejak pemulihan kemerdekaannya pada tahun 2002, Timor Leste telah membuat kemajuan luar biasa dalam modal sosial (pendidikan dan kesehatan), infrastruktur (listrik dan telekomunikasi), dan dalam kerangka kelembagaan seperti keamanan, pertahanan dan hubungan luar negeri.

Untuk menyebut beberapa angka, di bidang kesehatan, jumlah dokter per 1.000 orang meningkat signifikan dari 0,034 pada 2007 menjadi 0,722 pada 2018, atau meningkat 21 kali lipat.

Selain itu, ada peningkatan besar dalam akses ke listrik. Pada tahun 2002, hanya 23,9 persen rumah tangga yang memiliki akses listrik – pada dasarnya, hanya orang Timor Leste yang tinggal di kota.

Namun, hari ini, bahkan mereka yang tinggal di pedesaan memiliki listrik.

Menurut survei 2019, jumlah rumah tangga yang memiliki akses listrik mencapai 94,7 persen secara nasional.

Ini hanyalah dua contoh perbaikan menakjubkan yang telah dibuat Timor Leste dalam waktu kurang dari 20 tahun.

Meskipun telah ada kemajuan yang pasti dalam kehidupan orang-orang biasa pada umumnya, bagaimanapun, masih ada jalan panjang yang harus dilalui.

Misalnya, pasokan beras, makanan pokok utama masyarakat Timor, selalu menjadi perhatian besar karena rendahnya tingkat produksi di negara itu.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved