Breaking News:

Berita Sumba Timur

PPKM Level 3 Kabupaten Sumba Timur Diperpanjang Dua Pekan

Pemerintah kembali melakukan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM) selama dua pekan kedepan

Penulis: Ryan Nong | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Sekda Sumba Timur Domu Warandoy 

Laporan wartawan POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM, WAINGAPU - Pemerintah kembali melakukan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM) selama dua pekan kedepan. Hal itu dilakukan dalam rangka pengendalian terhadap pandemi Covid-19.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Timur Domu Warandoy menjelaskan, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di Sumba Timur juga diperpanjang hingga 22 November 2021 mendatang.

Sekda Warandoy menyebut, pihaknya telah menerbitkan Edaran terkait pelaksanaan PPKM Level 3 di Kabupaten Sumba Timur menyusul Inmendagri terkait perpanjangan PPKM di Luar Jawa dan Bali.

"Meskipun angka positif Covid-19 sudah landai, tapi ada satu indikator lagi yang dipertimbangkan untuk penentuan level PPKM yakni capaian vaksinasi," kata Sekda Warandoy di Kantor Bupati Sumba Timur, Selasa 9 November 2021.

Baca juga: Update Covid-19 di Sumba Timur : Tak Ada Kasus Baru dan Pasien Sembuh, Positif Covid Tetap 18 Orang

Hingga pekan kedua November, cakupan vaksinasi di Kabupaten Sumba Timur, kata Sekda Warandoy, telah berada di atas angka 45 persen. Pemerintah kabupaten terus menggalakkan percepatan vaksinasi dengan melibatkan berbagai stakeholder hingga ke level desa.

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Sumba Timur, hingga 6 November 2021, capaian vaksinasi Kabupaten Sumba Timur untuk vaksin dosis pertama sebanyak 46,04 persen atau sejumlah 80.163 jiwa dari total 174.123 sasaran. Sementara itu, capaian vaksin dosis kedua sebesar 22,03 persen atau sejumlah 38.357 jiwa.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon) Airlangga Hartarto dalam rilis Sekretariat Kabinet RI menyebutkan, kriteria level asesmen tiap daerah ditambah satu indikator, yakni capaian vaksinasi. Bila capaian vaksinasi daerah tersebut berada di bawah 50 persen, wilayah itu dinaikkan menjadi 1 level.

Berdasarkan asesmen situasi pandemi mingguan, dari 27 provinsi di luar Jawa-Bali sudah tidak ada yang berada di level 4 dan level 3, 22 provinsi di level 2, serta 5 provinsi di level 1.

Sedangkan untuk tingkat kabupaten/kota, jumlah daerah dengan asesmen level 1 meningkat menjadi 151 kabupaten (kab)/kota, level 2 sebanyak 231 kab/kota, level 3 tersisa 4 daerah, dan tidak ada daerah di level 4.

"Perpanjangan PPKM luar Jawa-Bali pada periode 9 November sampai dengan 22 November 2021 atau diperpanjang dua minggu," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon) Airlangga Hartarto usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengenai Evaluasi PPKM, Senin, 8 November 2021. (*)

Baca Berita Sumba Timur Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved