Breaking News:

Berita Sumba Barat Daya

Rayakan HUT ke 7, KAREKA Sumba Berbagi Kasih Sambil Edukasi Penyakit TBC di Pulau Sumba

Rayakan HUT ke 7, KAREKA Sumba Berbagi Kasih Sambil Edukasi Penyakit TBC di Pulau Sumba.Komunitas ini berdiri sejak 14 Oktober 2014.

Editor: Gordy Donofan
KAREKA untuk POS-KUPANG.COM
Relawan KAREKA Sumba Pose Bersama umat usai Kegiatan di Stasi Noha Paroki Homba Karipit Keuskupan Weetebula, Minggu 17 Oktober 2021 

POS-KUPANG.COM - Komunitas Relawan Kemanusiaan (KAREKA) Sumba merupakan sebuah komunitas sosial berbasis kerja relawan yang berada di Pulau Sumba, tepatnya di Waitabula, Sumba Barat Daya Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Komunitas ini berdiri sejak 14 Oktober 2014.

Komunitas ini fokus pada isu literasi, sosial, kesehatan dan Pendidikan. KAREKA sering melakukan kegiatan-kegiatan sosial di Pulau Sumba dengan berkolaborasi dengan sejumlah pihak, baik perorangan, kelompok, Lembaga dan perusahan.

“Tepat 14 Oktober 2021 KAREKA Sumba genap berusia 7 tahun dalam berkarya di Pulau Sumba, komunitas ini terdiri dari anak-anak muda di Pulau Sumba dengan ragam profesi dan keilmuan, namun satu dalam semangat karya kemanusiaan melalui gerakan di komunitas KAREKA Sumba,’’ujar Koordinator KAREKA Sumba, Ronald Asto Dadut kepada POS-KUPANG.COM Senin 18 Oktober 2021.

Relawan KAREKA saat membagikan Paket Sembako di Stasi Noha Paroki Homba Karipit Keuskupan Weetebula, Minggu 17 Oktober 2021
Relawan KAREKA saat membagikan Paket Sembako di Stasi Noha Paroki Homba Karipit Keuskupan Weetebula, Minggu 17 Oktober 2021 (KAREKA untuk POS-KUPANG.COM)

Pria yang akrab disapa Asto Dadut ini menyebutkan, pada momen ulang tahun yang ke 7, KAREKA Sumba merayakan dengan mengadakan kegiatan edukasi informasi tentang bahaya Tuberculosis (TBC) bagi masyarakat di Desa Noha, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Alumnus FKM Undana Kupang ini menjelaskan edukasi ini penting bagi warga masyarakat mengingat bahaya penyakit TBC yang terus meningkat.

Kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan tercapainya eliminasi TBC, sehingga perlu dilakukan edukasi dan pemberian pemahaman kepada masyarakat agar wawasan terkait TBC meningkat.

Kata dia, pihaknya juga memberikan kiat-kiat yang dilakukan apabila terdapat warga yang memiliki gejala terkait TBC bisa menghubungi kader TB yang ada di desa beserta petugas kesehatan di Puskesmas terdekat.

Sementara itu, relawan KAREKA Sumba, Rensy Edhe, menjelaskan kegiatan ini berlangsung di gereja Stasi Noha Stasi Noha, Paroki Homba Karipit Keuskupan Weetebula dengan melibatkan umat stasi yang baru selesai melaksanakan perayaan misa mingguan.

Rensy Edhe menyebutkan tim KAREKA Sumba terdiri dari Ronald Asto, Vin Kaleka, Jelin Ina, Ima Dhae dan Rensy Edhe.

Relawan KAREKA saat membagikan Paket Sembako di Stasi Noha Paroki Homba Karipit Keuskupan Weetebula, Minggu 17 Oktober 2021
Relawan KAREKA saat membagikan Paket Sembako di Stasi Noha Paroki Homba Karipit Keuskupan Weetebula, Minggu 17 Oktober 2021 (KAREKA untuk POS-KUPANG.COM)
Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved