Breaking News:

Berita Pemprov NTT

Muluskan Target Modal Inti Rp 2 T, Bank NTT Akan Dekati DPRD

Selain modal yang disetor pemerintah daerah, lanjut dia, modal inti juda didapat dari laba yang dicadangkan setiap tahun.

Penulis: Ryan Nong | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Direktur Kepatuhan Bank NTT, Hilarius Minggu    

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong 

POS-KUPANG.COM, KUPANG --Otoritas Jasa Keungan atau OJK menetapkan aturan modal inti bank daerah sebesar Rp 2 triliun pada akhir 2021.

Regulasi yang dituangkan dalam POJK 12/2020 itu mengharuskan bank daerah menambah modal inti sesuai syarat dan ketentuan OJK. 

Sebagai bank daerah, Bank Pembangunan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur atau Bank NTT juga berkewajiban untuk melakukan penambahan modal inti bank sesuai standar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada hingga Rp 2 triliun pada akhir 2021. 

Direktur Kepatuhan Bank NTT, Hilarius Minggu menyebut jajaran direksi dan manajemen Bank NTT optimis dapat mencapai modal inti bank sesuai yang ditetapkan oleh OJK.

Modal inti bank, kata Hilarius, merupakan syarat utama sebuah bank sehat. Bank yang berdiri, lanjut dia, harus memiliki modal dasar dan modal inti.  

Baca juga: Dukung Sinode GKS Ke-43, Bank NTT Cabang Waitabula SBD Serahkan Bantuan Rp 100 Juta

“Untuk jenis bank daerah di Indonesia, OJK mensyaratkan modal inti pada 2021 minimal sebesar Rp. 2 triliun. Standar modal  inti tersebut sama dengan modal inti Bank BUMN,” ujar Hilarius saat jumpa pers di Aula Hotel Timore Kupang, Rabu 13 Oktober 2021 pagi.

Hilarius menyebut, hingga September 2021, modal inti Bank NTT telah mencapai Rp 1.9 triliun. “Manajemen berharap bank NTT dapat melengkapi menjadi Rp 2 triliun pada akhir 2021,” tambah dia. 

Sesuai dengan ketentuan OJK, maka bank NTT sebagai bank daerah harus memiliki modal inti sebesar Rp 3 triliun pada 2024 mendatang. 

Karena itu, kata Hilarius, Bank NTT mengharapkan dukungan pemerintah daerah baik di level pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota untuk menambah setoran modal inti di Bank NTT. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved