Breaking News:

Berita Manggarai Barat

Sejak Februari 2021, Tidak Ada Laporan Kematian Babi Akibat ASF di Manggarai Barat

ingin beternak babi semakin tinggi, hal ini dapat diketahui dari banyaknya proposal untuk meminta bibit babi untuk diternakan. 

Penulis: Gecio Viana | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/Gecio Viana
Kadis PKH Kabupaten Mabar, drh Theresia P. Asmon 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM, LABUAN BAJO - Tidak ada laporan kematian ternak babi akibat terpapar Virus African Swine Fever (ASF) atau demam babi Afrika di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), sejak Februari 2021 lalu. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kabupaten Mabar, Theresia P. Asmon saat dihubungi per telepon, Selasa 12 Oktober 2021.

"Sejauh ini tidak ada ada laporan kematian babi akibat terpapar ASF, terakhir pada akhir Januari lalu. Kematian tidak banyak, yang dilaporkan 4 sampai 5 ekor babi, itu pun sisa sebelumnya," katanya. 

Theresia mengaku, saat ini laporan pelayanan pelayanan kebiri babi dan vitamin bagi babi yang baru beranak meningkat tinggi di sejumlah kecamatan di Kabupaten Mabar. 

"lebih kepada pelayanan yang tinggi, geliat ternak babi mulai tinggi," ujarnya. 

Berdasarkan laporan yang diterima, total kematian babi akibat Virus ASF mencapai lebih dari 11 ribu ekor. 

Baca juga: Pasar Modal Indonesia Siapkan 50.000 Dosis Vaksin di Manggarai Barat

"Namun banyak yang tidak melaporkan, karena jika 1 ekor bani yang sakit, yang lain disembelih untuk mengurangi kerugian," katanya. 

Menurutnya, geliat masyarakat yang ingin beternak babi semakin tinggi, hal ini dapat diketahui dari banyaknya proposal untuk meminta bibit babi untuk diternakan. 

"Ada banyak juga masyarakat secara mandiri beternak. Untuk tahun ini, kami belum rekomendasikan pengadaan bibit babi, karena stok untuk bibit babi sulit didapat. Kalaupun ada belum memenuhi syarat, dan tidak ada dalam jumlah banyak," jelasnya. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved