Breaking News:

Berita NTT

BI Ungkap Transaksi QRIS di NTT Capai 18,74 Miliar

Bank Indonesia (BI) Kantor perwakilan NTT, mengungkapkan transaksi pembayaran menggunakan QR Code atau QRIS dari Januari hingga Agustus 2021 tercatat

Editor: Ferry Ndoen
Istimewa
ilustrasi 

Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM | KUPANG -  Bank Indonesia (BI) Kantor perwakilan NTT, mengungkapkan transaksi pembayaran menggunakan QR Code atau QRIS dari Januari hingga Agustus 2021 tercatat telah mencapai Rp18,74 miliar.

"Rata-rata transaksi yang relatif meningkat, menggambarkan Provinsi NTT telah mulai bergerak menuju digitalisasi dan pertumbuhan transaksinya cukup signifikan," ungkap Kepala Perwakilan BI Prvinsi NTT I Nyoman Ariawan Atmaja di Kupang, Rabu, 13 Oktober 2021.

I Nyoman mengatakan, transaksi Uang Elektronik atau dompet elektronik pada periode Januari hingga Agustus 2021 mencapai Rp192,61 juta, meningkat 614,14% (yoy).

Menurutnya, dengan adanya digitalisasi sistem pembayaran di NTT tersebut, diharapkan pertumbuhan ekonomi di NTT juga dapat terakselerasi.

Pertumbuhan ekonomi NTT, kata dia, pada triwulan II 2021 tumbuh sebesar 4,22% (yoy), dan diperkirakan pada triwulan III 2021 ini masih terus meningkat dan dapat tumbuh sebesar 3,49 % (yoy).

BI secara khusus akan  intensif melakukan sosialisasi dan edukasi dalam mengurai tantangan dalam mengakselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan tentunya sangat banyak.

"Salah satunya adalah literasi digital SDM Indonesia yang masih relatif rendah khususnya di NTT," paparnya.

Dengan edukasi kepada akademisi dan Mahasiswa di NTT diharapkan dapat menjadi agen perubahan dan berperan aktif dalam mendorong transformasi digital di Indonesia khususnya di NTT.

"Cara mudah dalam berpartisipasi adalah dengan menggunakan layanan Sistem Pembayaran secara non tunai dalam bertransaksi," ucap I Nyoman.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved