Breaking News:

Berita Manggarai Timur

Camat Agus Supratman Gunting Rambut ODGJ di Satar Padut Manggarai Timur

Saya takut ada ODGJ baru di kampung kampung yang mengalami stress akibat tekanan hidup sebagai dampak pemberlakuan pembatasan

Penulis: Robert Ropo | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Camat LAUT, Agus Supratman sedang menggunting rambut seseorang ODGJ. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG--Peduli terhadap orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Camat Lamba Leda Utara (LAUT)  Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Agus Supratman, memangkas rambut salah satu ODGJ di Dampek, Desa Satar Padut,  Senin 11 Oktober 2021.

Hadir juga bersama tim terpadu pihak Puskesmas Dampek, TP-PKK Kecamatan LAUT,  pihak Desa Satar Padut.

"Personal hygiene adalah salah satu pola pendekatan tim saat mengunjungi ODGJ dan kebetulan saya tahu dan biasa gunting rambutnya orang sehingga saya berani untuk pangkas rambut ODGJ itu,"kata Agus kepada POS-KUPANG.COM, Selasa 12 Oktober 2021.

Menurut Camat Agus, masalah kesehatan jiwa sering dipandang sebelah mata oleh sebagian masyarakat, padahal Orang Dengan Gangguan Jiwa juga memiliki kesamaan harkat dan martabat dengan manusia ciptaan Tuhan lainnya.

Agus menambahkan, tujuan peringatan HKJS yang jatuh pada tanggal 10 Oktober setiap tahun adalah untuk meningkatkan kesadaran semua pihak tentang ODGJ

Baca juga: Manggarai Timur Belum Miliki Mobil Pemadaman Kebakaran

"tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepedulian semua pihak akan pentingnya kesehatan jiwa serta mendorong mobilisasi upaya dalam rangka mendukung kesehatan jiwa,"jelas Agus. 

Kegiatan yang dilakukan tim terpadu pada kunjungan rumah ODGJ adalah melakukan seauatu yang positif bagi ODGJ dan keluarga ODGJ itu sendiri. 

"Tim kami lengkap saat turun lapangan.  Untuk Personal hygiene dan pemberian obat dilakukan pihak Puskesmas Dampek. TP-PKK Kecamatan LAUT beri sumbagan,  pihak pemerintah Kecamatan lakukan edukasi keluarga ODGJ,"terang Agus. 

Pihaknya gencar lakukan pendataan ulang ODGJ di 11 Desa wilayah Kecamatan LAUT,  sebab dicurigai ada tambahan baru ODGJ di Kampung kampung akibat Covid-19.

"Saya takut ada ODGJ baru di kampung kampung yang mengalami stress akibat tekanan hidup sebagai dampak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat dampak Covid 19. Sejak awal kita kontrol biar cepat diantisipasi dan penanganannya,"guyon Agus.  

Agus juga menjelaskan, saat ini sebanyak 57 ODGJ di Kecamatan LAUT, dengan sebaran, Desa  Satar Padut sebanyak 14 ODGJ, Satar Kampas 9 ODGJ, Satar Punda 8 ODGJ, Satar Punda Barat 5 ODGJ, Nampar Tabang 4 ODGJ, Golo Munga Barat 4 ODGJ, Golo Mangung 10 ODGJ, Golo Wontong 1 ODGJ dan Desa Haju Wangi sebanyak 2 ODGJ. (*)

Berita Manggara Timur Terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved