Breaking News:

Berita Manggarai Timur

Bupati Agas Andreas : 50.000 Bibit Kopi Siap Ditanam di Kebun Contoh Mano Manggarai Timur

sehingga belum ada dampak kesejahteraan yang cukup signifikan yang dirasakan oleh para petani khususnya petani kopi

Penulis: Robert Ropo | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Bupati dan Wabup Manggarai Timur saat memantau lahan yang akan dijadikan kebun kopi percontohan. 

Bupati Agas Andreas : 50.000 Bibit Kopi Siap Ditanam di Kebun Contoh Mano Manggarai Timur

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM, BORONG--Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, SH.,M.Hum dan Wakil Bupati (Wabup) Manggarai Timur, Drs Jaghur Stefanus, memantau lokasi lahan yang nantinya akan menjadi kebun contoh untuk tanaman kopi, Selasa 28 September 2021.

Lahan yang disediakan itu berlokasi di Mano, Kecamatan Lamba Leda Selatan, dengan luas 10 hektar milik Keuskupan Ruteng.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai Timur, Yohanes Sentis, mewakili pihak Keuskupan Ruteng, Romo Robertus Pelita Pr, Kadis Kominfo Matim, Bonifasius Sai

Kasat Pol PP Matim, Yohanes Syukur, Camat Lamba Leda Selatan, Alvian Yoran Nengkos, Pemimpin Bank NTT Cabang Borong, Nurchalis Tahir, Tenaga Ahli Komisi IV DPR RI A-385, Jener Alison Bana, Tim dari Pusat Penelitian (Puslit) Kopi dan Kakau, Jember dan para petani setempat.

Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, kepada POS-KUPANG.COM, menjelaskan, Kabupaten Manggarai Timur adalah salah satu penghasil kopi di Provinsi NTT dengan luas lahan kopi 27.877,73 hektar yang terdiri dari kopi Arabika seluas 9.449,13 hektar dan robusta 18.428,60 hektar.

Sedangkan produksi kopi mencapai 8.668,87 ton terdiri dari produksi kopi Arabika 2.617,81 ton dan kopi robusta 6.051,06 ton dengan rata-rata produktivitas kopi Arabika 422 Kg/hektar dan kopi robusta 425 kg/hektar.

Baca juga: Ketua BPD Obesi TTS Minta Pekerjaan Jalan Rabat Menggunaan Konstruksi Telford

Untuk total tanaman kopi yang sudah tua atau sudah rusak, jelas Bupati Agas, mencapai 681,29 hektar yang terdiri dari kopi arabika seluas 275,93 hektar dan kopi robusta seluas 405,36 hektar. Karena itu layak dilakukan kegiatan rehabilitasi atau peremajaan.

Bupati Agas juga menjelaskan, berdasarkan data Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai Timur tahun 2020, data cadangan untuk potensi pengembangan tanaman kopi seluas 4.892 hektar dengan rincian kopi arabika seluas 3.567 hektar dan robusta seluas 1.325 hektar.

Halaman
123
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved