Breaking News:

Berita Belu

Desa Kabuna Lakukan Berbagai Inovasi

Pemerintah Desa Kabuna, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu membuat sejumlah inovasi dalam penyelenggaraan pemerintah desa

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Kepala Desa Kabuna, Adrianus Y. Laka 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM, ATAMBUA - Pemerintah Desa Kabuna, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu membuat sejumlah inovasi dalam penyelenggaraan pemerintah desa.

Dibawah kepemimpinan Adrianus Y. Laka, Desa Kabuna berhasil meraih berbagai prestasi hasil inovasi Desa seperti juara 5 nasional lomba perpustakaan desa dan masuk 10 besar nasional dalam lomba keterbukaan informasi publik.

Menariknya, prestasi ini diraih di masa pandemi COVID-19 yang mana semua dana desa lebih banyak dimanfaatkan untuk bantuan langsung bagi masyarakat. Sementara untuk kegiatan fisik dan pemberdayaan nyaris tidak ada. Namun, dengan kemampuan yang dimilikinya, Kades Kabuna mampu melakukan gebrakan-gebrakan walaupun anggaran sedikit.

Kepala Desa Kabuna, Adrianus Y. Laka saat ditemui Pos Kupang. Com, Jumat 24 September 2021 mengatakan, sejak dilantik November 2019, ia membuat inovasi yang sesuai dengan visi misinya yaitu, keterbukaan informasi publik, pelayanan administrasi secara gratis.

Baca juga: Kementerian Desa dan PDT Berharap Desa Kabuna di Belu Jadi Pilot Project Keterbukaan Informasi

"Semua pelayanan administrasi di desa ini gratis", katanya.

Untuk keterbukaan informasi publik, Kades Kabuna juga melakukan kerja sama dengan bank untuk penyaluran bantuan langsung tunai (BLT). Masyarakat menerima bantuan langsung dari bank, bukan lewat desa.

Aspek transparansi lain yang dilakukan pemerintah desa Kabuna adalah membuat papan pengumuman program kegiatan desa dan dipasang di setiap titik strategis diketahui masyarkat.

Menurut Adrianus, jumlah dana desa Kabuna 2021 sebanyak Rp 1,3 M. Sebagian besar dana ini dipakai untuk bantuan langsung tunai (BLT) bagi 359 KPM.

Inovasi lain yang dilakukan Pemerintah Desa Kabuna adalah meningkatkan sumber daya manusia dengan membangun perpustakaan desa. Perpustakaan desa ini dibuka dalam ruang kantor desa dan masyarakat bisa mengakses ke perpustakaan kapan saja.

Baca juga: Sesosok Mayat Wanita Ditemukan di Kali Talau Desa Kabuna Kabupaten Belu

Perpustakaan desa Kabuna ini menjadi perpustakaan percontohan di Belu. Saat ini koleksi buku kurang lebih 1.100 buku.

Menurut Adrianus, strategis yang dilakukan pemerintah desa dalam. menyukseskan pelaksanaan program inovasi adalah kerja sama dan sinergitas baik dengan BPD maupun dengan masyarakat. Kemudian meminta pikiran dan pendepata dari stakeholder seperti geraja, LSM dan lainnya.

Kepala desa mengoptimalkan seluruh potensi yang dimiliki di desa untuk sama-sama membangun desa.

"Saya orangnya terbuka. Saya minta saran dan masukan dari semua masyarakat supaya bagimana kita membangun desa ini menjadi lebih baik", ungkapnya.

Warga Desa Kabuna, Yan Parera mengatakan, sebagai warga ia mengapresiasi kepada Kepala Desa Kabuna yang telah membuat berbagai terobosan dalam membangun desa. Banyak program pemerintah yang masuk ke desa Kabuna karena pemerintah desa selalu melakukan inovasi-inovasi. (*)

Baca Berita Belu Lainnya

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved