Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Senin 20 September 2021: Telinga dan Hati

Soalnya, ada orang yang punya telinga tapi tak bisa mendengar. Inderanya itu tak bisa berfungsi. Ia tuli dan hanya bisa berbahasa isyarat. 

Editor: Agustinus Sape
Foto Pribadi
RD. Fransiskus Aliandu 

Renungan Harian Katolik Senin 20 September 2021: Telinga dan Hati (Lukas 8:16-18)

Oleh: RD. Fransiskus Aliandu

POS-KUPANG.COM - Manusia yang normal dan utuh-lengkap pasti punya telinga. Ini salah satu indera penting untuk mendengar. 

Orang yang punya telinga bisa mendengar seharusnya senang dan bersyukur. Dengan punya telinga, ia bisa mendengar suara orang tuanya nun jauh di kampung lewat HP. Ia bisa mengikuti berita dari radio atau televisi. Ia bisa mendengar alunan saxophone yang dimainkan Kenny G. 

Soalnya, ada orang yang punya telinga tapi tak bisa mendengar. Inderanya itu tak bisa berfungsi. Ia tuli dan hanya bisa berbahasa isyarat. 

Mirisnya ada yang punya telinga yang berfungsi baik, tapi tak mau mendengar. Bahkan ada yang justru merasa senang tak mau mendengar atau pura-pura tuli. 

Memang ada kalanya orang sebaiknya menghindari sesuatu yang tidak baik untuk didengar. Namun bukankah ada pula yang baik, benar, perlu, dan seharusnya didengar? Bukankah terkadang orang seharusnya juga mendengar, walaupun itu tak penting? 

Baca juga: Renungan Harian Katolik Minggu 19 September 2021: Jalan Iman; Menjadi Pelayan

Suami atau istri sering mengeluh kadang ingin didengarkan pasangannya. Anak atau peserta didik bisa berkembang jadi baik justru karena didengarkan isi hatinya. Bawahan sering merasa nyaman karena didengarkan. Ini sekedar contoh kenyataan yang tak bisa dibantah. 

Tapi harus diingat, telinga itu hanyalah sarana. Mendengar tidak ditentukan oleh telinga saja, melainkan terutama oleh hati. Makanya jangan heran, yang bertelinga dan bisa mendengar, tapi kadang tak mampu mendengar(kan). 

Sebaliknya, tak terpungkiri bahwa hati yang terbuka dan peka justru mampu mendengar kata-kata yang tak terucap sekalipun. 

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved