Breaking News:

Berita Nasional

Punya Kapasitas dan Political Komitmen, Ahok BTP Dinilai Pantas Mengepalai Posisi Ini di Pusat

Mantan gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok BTP pun dinilai pantas untuk mengepalai posisi di Pemerintah Pusat

Editor: Yeni Rahmawati
Tribun Batam
Ahok BTP dinilai pantas duduki posisi di pusat 

POS-KUPANG.COM - Presiden Joko Widodo telah resmi membentuk Badan Pangan Nasional pada 29 Juli 2021.

Badan Pangan Nasional dibentuk berdasakan Peraturan Presiden (Perpres) No 66 Tahun 2021 dan merupakan mandat Undang-Undang No 18 Tahun 2012 tentang Pangan.

Dari Perpres itu, Badan Pangan Nasional merupakan lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada presiden.

Badan Pangan Nasional akan dipimpin Kepala Badan dan bertugas untuk melaksanakan tugas pemerintah di bidang pangan.

Terdapat 9 jenis pangan yang akan menjadi lingkup kerja , tugas, dan fungsi Badan Pangan Nasional, yakni beras, jagung, kedelai, gula konsumsi, bawang, telur unggas, daging ruminansia, daging unggas, dan cabai.

Baca juga: Sedang Menjabat Komut Pertamina, Ahok Dijagokan Lagi Jadi Kepala Badan Pangan Nasional

Lembaga ini memiliki otoritas untuk memutuskan kebijakan pengendalian bahan kebutuhan pokok, seperti penentuan kuota impor pangan, penyaluran cadangan pangan, dan substitusi pangan.

"Dengan terbentuknya Badan Pangan Nasional (BPN) ini diharapkan ke depan tidak ada lagi fragmentasi koordinasi kebijakan masalah pangan," ucapnya.

Mantan gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok BTP pun dinilai pantas untuk mengepalai Badan Pangan Nasional (BPN) bentukan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dilansir dari TribunJakarta.com, Karena Ahok mempunyai kapasitas dan strong leadership serta political komitmen dalam mewujudkan kedaulatan pangan dan kemandirian pangan di Indonesia.

"Dari track record Ahok yang memiliki kemampuan tegas dan cepat dalam memutuskan sesuatu permasalahan dapat dijadikan bekal dalam merumuskan koordinasi dan sinkronisasi kebijakan lintas sektoral masalah pangan yang masih carut marut dan belum optimal sekarang ini," kata Peneliti Masalah Pangan di LPPSDAN (Lembaga Pengkajian Pengelolaan Sumber Daya Alam Nasional), Dr Tafakurrozak kepada wartawan di Jakarta, Jumat 10 September 2021.

Baca juga: Ingat Haji Lulung? Seteru Ahok BTP Kini Hengkang dari PAN dan Rela Tinggalkan Jabatan di DPR RI

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved