Breaking News:

Berita Kota Kupang

Kota Kupang Turun PPKM Level 3, Kabupaten Kupang Naik Level 4

Wilayah Kota Kupang mendapat kabar baik dengan turun ke PPKM Level 3. Sementara, Kabupaten Kupang menjadi daerah dengan PPKM Level 4

Editor: Kanis Jehola
DOK POS-KUPSANG.COM
Kepala Dinas Kesehatan dan Pencatatan Sipil Provinsi NTT, Messerasi Ataupah 

Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Wilayah Kota Kupang mendapat kabar baik dengan turun ke PPKM Level 3. Sementara, Kabupaten Kupang ditetapkan menjadi daerah dengan PPKM Level 4. Pembatasan berlaku dua minggu ke depan sejak 7 September. 

Kepala Dinas Kesehatan dan Pencatatan Sipil Provinsi NTT, Messerasi Ataupah, menyebut Kabupaten Kupang naik level 4 dikarenakan tidak sesuai ketentuan waktu terkini pelaporan.

"Ada kesalahan input data di Kabupaten Kupang yang tidak real-time dalam penginputan data kematian," jelasnya, 7 September 2021.

Penyebabnya akan terjadi akumulasi yang tidak tepat. Penginputan data yang tidak tepat waktu ini khususnya soal data angka kematian.

Baca juga: Covid-19 di Kota Kupang, 4 Kelurahan di Kota Kupang Sudah Kategori Zona Hijau

"Ada kesalahan di Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang dalam hal input data. Itu saja. Tidak real-time. Tidak terjadi akumulasi yang menyebabkan peningkatan kasus kematian di Kabupaten Kupang," jelas dia.

Penentuan ini naik dan turunnya level ini dilakukan oleh Pemerintah Pusat dan Kota Kupang telah turun ke PPKM Level 3.

Untuk koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kupang sendiri, kata Messe, adalah soal tenaga penginput data yang harus diperhatikan kembali.

"Agar tidak memasukkan data yang tidak real-time. Cuma mereka masih ngotot memasukkan. Ini problemnya. Mereka berharap pemerintah pusat dapat memilah tapi itu tidak mungkin karena di pusat apa yang terdata itu yang ditulis," tambah dia lagi.

Baca juga: 389 Pasien Covid-19 di Kota Kupang Jalani Isolasi Mandiri

Ia menyebut penginputan data di kabupaten Kupang tidak bijak dilakukan secara real-time. (*)

Baca Berita Kota Kupang Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved