Breaking News:

Berita Kota Kupang

Diperlukan Perda Untuk Mengatur Operator Air Minum di Kota Kupang

Ketika penguatan kelembagaan sudah dilakukan, Dewan bisa membuat Perda inisiatif, hanya satu operator air minum saja

Editor: Rosalina Woso
Dok. Pos Kupang
Direktur PDAM Kota Kupang, Jhon Ottemusu 

Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM,  KUPANG -Pelayanan kebutuhan air minum bagi warga Kota Kupang sejauh ini belum maksimal. Sebab, terjadinya keruwetan dalam pendistribusian air minum. Terdapat tiga operator, yakni Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bening Kota Kupang, Kabupaten Kupang dan BLUD SPAM berwenang dalam pengelolaan ini.

Untuk itu, penguatan lembaga PDAM kota perlu dilakukan, dengan menerbitkan atuaran Daerah (Perda) agar perusahan air minum itu, ditingkatkan menjadi Perusahan Umum Daerah (Perumda).

Penguatan itu perlu untuk menekan kepentingan dan ruang gerak PDAM Kabupaten Kupang dan BLUD SPAM, agar kebutuhan air minum di Kota hanya dilayani satu operator saja.

Direktur PDAM Kota Kupang, Jhon Ottemusu kemarin mengatakan, selain berinisitif sendiri mengajukan Perda itu, butuh juga dukungan Dewan maupun pemerintah. Kedua pihak itu, juga perlu mendorong perda inisiatif penguatan kelembagaan PDAM Kota itu.

"Kalau kita bilang masalah, ya memang masalah selama ini karena ada tiga operator disini. Nanti kalau jaringan dari PDAM Kota yang macet, pasti yang dimarahi Wali Kota dan kami, bukan PDAM kabupaten, padahal kita hanya memiliki sebagian kecil pelanggan saja," katanya, Jumat 3 September 2021.

Baca juga: Pembangunan Kali Dendeng di Kota Kupang Capai 45 Persen

Pelanggan air minum di Kota Kupang, mayoritas dikuasai PDAM kabupaten. PDAM Kota Kupang, hanya memiliki pelanggan mencapai 17 persen, atau 13 ribu pelanggan saja. Sedangkan BLUD SPAM tidak lagi melayani warga Kota karena airnya kotor.

Untuk itu, perda penguatan kelembagaan itu perlu segera dilakukan. Apalagi pipa PDAM kabupaten Kupang sudah tidak layak lagi alias sudah tua. Ketika penguatan kelembagaan sudah dilakukan, Dewan bisa membuat Perda inisiatif, hanya satu operator air minum saja.

Jika penguatan itu terwujud, Ottemusu yakin, permasalahan air di Kota Kupang tidak lagi menjadi permasalahan.

Tetap Layani Warga

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved