Breaking News:

Tips Sehat

Kram Perut Salah Satu Gejala Penyakit Usus Buntu, Gejala Lainnya?

Penyumbatan yang terjadi di lapisan usus buntu yang menyebabkan infeksi yang diduga menjadi penyebab penyakit usus buntu.

Editor: Hermina Pello
Tribun Jogja.Com
Gejala penyakit usus buntu dan penyebabnya - Kram Perut Salah Satu Gejala Penyakit Usus Buntu, Gejala Lainnya? 

POS-KUPANG.COM - Kenali gejala penyakit usus buntu atau dalam bahasa medis dikenal dengan apendisitis.

Kenali gejala penyakit usus buntu sehingga saat Anda atau orang di sekitarmu mengalami gejala penyakit seperti dibawah ini maka bisa segera diambil langkah penanganan selanjutnya dan tidak dianggap remeh.

Apa itu penyakit usuu buntu? Usus buntu adalah kondisi ketika apendiks atau sebuah kantung yang merupakan bagian dari usus besar yang terletak di sisi kanan bawah perut mengalami peradangan, dikutip dari Everyday Health.

Penyumbatan yang terjadi di lapisan usus buntu yang menyebabkan infeksi yang diduga menjadi penyebab penyakit usus buntu. Bakteri dapat berkembang biak dengan cepat yang akhirnya menyebabkan apendiks menjadi meradang, bengkak, dan penuh nanah. Bila tidak segera diobati usus buntu bisa pecah.

Baca juga: Kenali Gejala Penyakit Darah Tinggi Jika Sudah Parah, Sakit Kepala Parah hingga Mimisan

Penyakit ini terjadi ketika usus buntu tersumbat oleh tinja, benda asing, atau tumor. Infeksi juga dapat menyebabkan sumbatan usus buntu, sebab secara normal usus buntu akan membengkak sebagai respons dari adanya infeksi dalam tubuh.

Dalam banyak kasus, penyebab radang usus buntu tidak sepenuhnya diketahui dengan jelas. Namun, beberapa orang jadi rentan dengan usus buntu karena adanya beberapa faktor.  Beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab radang usus buntu jadi semakin rentan terjadi, antara lain :

1. Nyeri tumpul di area pusar atau perut bagian atas yang semakin ‘tajam’ dan konstan ketika berpindah ke area perut kanan bawah; biasanya ini merupakan gejala yang pertama kali timbul

Baca juga: Para Pria, Kenali Gejala Penyakit Kanker Prostat dan Penyebabnya, Waspada Jika Alami Hal ini

2. Hilangnya nafsu makan

3. Mual dan/atau muntah segera setelah nyeri perut mulai terasa

4. Demam ringan hingga sedang (37.2 38.9 derajat Celcius)

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved