Berita Sikka

ODGJ di Sikka Ditemukan Pingsan di Pasar Tingkat

Damianus, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Kabupaten Sikka yang setiap hari tinggal di Pasar Tingkat Maumere, Kelurahan Kota Baru

Penulis: Aris Ninu | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/ARIS NINU
EVAKUASI-Evakuasi korban pingsan di Pasar Tingkat Maumere menerapkan prokes ketat. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG.COM, MAUMERE-Damianus, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Kabupaten Sikka yang setiap hari tinggal di Pasar Tingkat Maumere, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Alok Timur ditemukan tak sadarkan diri alias pingsan di pasar, Sabtu, 28 Agustus 2021 pagi.

Kejadian ODGJ berusia 70 ini lalu dilaporkan ke Piket Polres Sikka.

Polisi pun terjun ke TKP melakukan langkah dan berkoordinasi dan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sikka guna mengevakuasi Damianus ke RSUD Maumere menerapkan prokes.

Data dari lokasi kejadian, Sabtu, 28 Agustus 2021 pagi menjelaskan, pada Sabtu, 28 Agustus 2021 sekira pukul 10.47 wita telah datang ke SPKT Polres Sikka seorang warga bernama Kristoforus Muda Letor, warga Waidoko, Kelurahan Wolomarang.

Baca juga: ODGJ di Sikka Dilumpuhkan Pakai Timah Panas, Ini Penjelasan Kapolres Sikka

Ia melaporkan kalau ada orang yang sedang pingsan di Pasar Tingkat.

Atas laporan itu, Kanit SPKT I, Ipda Januardana Rambi bersama anggota tiba di TKP dan mengamankan TKP sambil menghubungi Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sikka.

Tim Gugus Tugas Covid 19 lalu tiba di TKP dan langsung mengevakuasi korban ke RSUD TC. Hilers Maumere guna mendapat perawatan.

Di TKP polisi mengidentifikasi nama korban dan para saksi. Hasil identifikasi korban keseharian kerja semberawutan membantu membersihkan sampah dan mendapatkan imbalan dari para penjual di kompleks pasar.

Baca juga: Korban Yang Merenggang Nyawa Akibat Ulah ODGJ di Sikka Telah Dimakamkan

Para saksi menjelaskan, kalau pada Jumat tanggal 27 Agustus 2021 sekira pukul 19.00 wita korban masih sempat kerja membersikan sampah di tempat los pasar ikan kering dan bumbu dapur Pasar Tingkat dan sempat diberikan makan.

Namun korban tidak mau makan setelah itu saksi pulang ke rumah mereka. Pada Sabtu tanggal 28 Agustus 2021

sekira pukul 04.30 wita ada warga melihat korban masih tidur di TKP.

Saksi lalu memanggil korban dan sempat berusaha membangunkan korban.

Namun tidak bisa karena korban kembali tertidur di lantai. Selanjutnya saksi pergi ke Pasar Alok untuk belanja barang dagangan.

Sementara itu, ada saksi lainnya yang juga masih ada hubungan keluarga karena korban berstatus pamannya menjelaskan, selama ini korban mengalami gangguan jiwa dan tinggal di Pasar Tingkat.

Hingga kini belum diketahui penyebab korban pingsan.

Namun berdasarkan keterangan para saksi, korban gemar mengkomsumsi minuman keras jenis moke.

Korban telah dievakuasi oleh Tim Gugus Tugas Covid 19 Sikka ke RSUD TC. Hilers Maumere untuk mendapat perawatan.Kanit SPKT I Polres Sikka, Ipda Januardana Rambi pun telah menghubungi keluarga korban untuk menjenguk korban di RSUD Maumere.(*)

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved