Breaking News:

Opini Pos Kupang

Cantik Desa

Situs desa cantik berhasil launching pada Rabu, 4 Agustus 2021 dengan alamat desacantik.manggaraitimurkab.go.id.

Editor: Kanis Jehola
Dok Pos-Kupang.Com
Logo Pos Kupang 

Oleh : Angela Regina Maria Wea, Kepala BPS Kabupaten Manggarai Timur

POS-KUPANG.COM- Situs desa cantik berhasil launching pada Rabu, 4 Agustus 2021 dengan alamat desacantik.manggaraitimurkab.go.id. Perjalanan launching ini tidak mudah ditengah berbagai kesibukan karena saat yang sama kami mengikuti Workshop Executive Development Programme (EDP) dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Cukup stres karena full time, harus tepat waktu, semua by system, sementara sebelumnya harus membuka Pelatihan Sakernas Agustus 2021 tiga hari berturut-turut.

Sebenarnya bisa saja memberikan arahan pembukaan sebentar lalu selesai, tapi saya berpikir betapa pentingnya pelatihan dalam proses bisnis. Di situ titik kritisnya. Saya selama ini terus berpikir apa yang salah. Secara teknis tidak mungkin salah, tetapi kenapa kinerja kita tidak meningkat?

Saya lalu sedikit berefleksi, mungkin kemampuan coaching dan mentoring kami perlu ditingkatkan. Kesempatan pembukaan pelatihan seperti ini seharusnya bisa melakukan coaching dan mentoring.

Baca juga: Pengelolaan Keuangan Daerah dan Opini Wajar Tanpa Pengecualian

Saya lalu membaca literatur, buku lawas yang tidak pernah saya sentuh karena terjemahannya yang sulit dimengerti. Saya tidak punya cara lain selain harus membaca buku lawas itu. Akhirnya saya coba menerka apa bahasa Inggris yang berusaha mereka terjemahkan.

Upaya saya sedikit berhasil, tapi saya kehabisan waktu dan tenaga. Untung saya terbiasa menuliskannya lalu mengupload di fb dengan mode privat, lalu copy dan edit di detik-detik terakhir menjelang ke kantor. Jam 8 pembukaan, jam 9 pelatihan online EDP dimulai.

Saya tidak tahu apa dampak dari coaching dan mentoring yang saya berikan. Tapi yang saya rasakan, meskipun waktu singkat tapi maksud atau "feel-nya" dapat, menyentuh masalah pokok kinerja yang ingin ditingkatkan. Hanya diri kita yang bisa meningkatkan kinerja kita sendiri. Itu inti pesannya.

Selama kita belum mengenali kenapa kinerja kita rendah seperti: terburu-buru, tidak nyaman, lewat waktu, selama itu pula kinerja belum dapat ditingkatkan. Penyebabnya bisa dari dalam, bisa dari luar. Sebenarnya potensi kita sangat besar jika saja kita mau mengembangkan diri. Pembukaan pun selesai 30 menit lebih awal. Saya bisa mempersiapkan EDP.

Baca juga: DPRD Malaka Apresiasi Prestasi Pemkab Meraih Opini WTP LKPD 2020

Absensi di Warung Kompetensi (warkop) sudah dilakukan dalam perjalanan ke kantor lewat hp. Dalam hati saya mensyukuri kemajuan teknologi ini.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved