Breaking News:

Berita Sumba Barat

Bupati Yohanis Dade Turunkan Tractor Bantu Warga Desa Manola Kelolah Lahan Tidur

peralatan pertanian modern berupa tractor untuk mengolah   lahan tersebut memacu masyarakat meningkat usahanya

Penulis: Petrus Piter | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/PETRUS PITER
Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade, S.H mencoba mengoperasikan tractor mengolah lahan di Desa Manola, Kecamatan Loli, Sumba Barat pada saat menurunkan bantuan tractor bagi petani di Desa Manola, Selasa 3 Agustus 2021  

Bupati Yohanis Dade Turunkan Tractor Bantu Warga Desa Manola Kelolah Lahan Tidur

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM, WAIKABUBAK--Bupati Kabupaten Sumba Barat, Yohanis Dade, S.H menurunkan tractor besar bagi warga Desa Manola, Kecamatan Loli, Sumba Barat untuk pembukaan lahan baru persiapan musim tanam pertama tahun 2021 ini, Selasa 3 Agustus 2021.

Sebelumnya Bupati Yohanis Dade telah menginstruksikan agar traktor-traktor yang berada di Dinas Pertanian maupun dikelompok-kelompok tani yang selama ini tidak dimanfaatkan atau tidak tepat penggunaannya agar ditarik dan difokuskan pada lahan-lahan Desa yang akan diolah.

Penggunaan traktor ini merupakan upaya mempercepatan  pengolahan lahan sehingga dapat membantu masyarakat atau petani dalam proses tanam.

“Dengan cara lama, pengolahan lahan bisa memakan waktu berhari-hari, namun dengan memakai traktor bisa mengolah lahan dalam hitungan jam” kata Bupati Yohanis Dade yang sempat mencoba mengoperasikan tractor tersebut di Desa Manola, Kecamatan Loli, Sumba Barat, Selasa 3 Agustus 2021.

Baca juga: Sumba Tengah, Sumba Barat dan Nagekeo Belum Bisa Ajukan Calon Ketua Asprov PSSI

Menurutnya, pengolahan lahan di Desa Manola ini seluas 200 ha. Lahan tersebut direncanakan akan ditanam  jagung seluas 100 ha dan padi gogo seluas 100 ha.

Harapan dengan dukungan peralatan pertanian modern berupa tractor untuk mengolah   lahan tersebut memacu masyarakat meningkat usahanya.

Dengan pengolahan lahan tanam yang baik, menanam tepat waktu, pemupukan yang baik dan penyiangan yang baik pula optimis panen petani kali ini lebih baik.

Dengan produksi lebih meningkat dapat menaikan pendapatan petani yang berdampak positip meningkatkan kesejahteraan petani pula.

Baca juga: Bupati Kodi Mete Lantik 32 Pejabat Eselon II, III Dan IV Lingkup Pemkab Sumba Barat Daya

Untuk itu ia menghimbau para petani memanfaatkan peralatan tractor tersebut dengan baik untuk mengolah lahannya agar menanam tepat waktu pula. (*)

Berita Sumba Barat Terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved