Breaking News:

Opini Pos Kupang Lainnya

Bahasa, Komunikasi, dan Aktivitas Membaca

Kehidupan manusia selalu mengalami proses transformasi. Transformasi itu nampak dalam historisitas pola hidup manusia

Editor: Kanis Jehola
Dok Pos-Kupang.Com
Logo Pos Kupang 

Oleh : Mario Djegho, Anggota Komunitas Secangkir Kopi (KSK) Kupang

POS-KUPANG.COM- Kehidupan manusia selalu mengalami proses transformasi. Transformasi itu nampak dalam historisitas pola hidup manusia yang berkaitan erat dengan dimensi temporal (waktu) dan dimensi spasial (ruang).

Pola hidup manusia mengalami suatu proses adaptasi seiring dengan perkembangan zaman dan keadaan di sekitarnya, seperti; lingkungan tempat ia berada.

Proses adaptasi itu lambat laun semakin berkembang dalam suatu rentetan waktu yang disebut sejarah, sehingga manusia mulai berkembang dari pola primitif-konservatif hingga mencapai suatu kehidupan post-modern untuk mengaktualisasikan dirinya sebagai manusia sejati (homo sapiens).

Salah satu indikator penting dalam historisitas manusia adalah bahasa. Bahasa merupakan elemen penting dalam proses transformasi pola kehidupan manusia sebab pada dasarnya manusia adalah mahkluk sosial (ens sosiale) yang selalu bergaul dan menuntut adanya komunikasi interaktif maupun transaksional dalam menjalani kehidupannya.

Baca juga: Ajaibnya Membaca Surat Yasin Lengkap dengan Amalan Surat Yasin Malam Jumat

Melalui penggunaan bahasa tersebut, manusia mampu mengaksentuasikan pemikiran dan penalarannya sebagai konklusi akan realitas di sekitarnya. Manusia dan bahasa adalah satu kesatuan.

Bahasa merupakan formulasi atau deskripsi pemikiran manusia yang disampaikannya dalam kode verbal (kata) maupun kode non-verbal (gerakan tubuh).

Pemikiran tersebut merupakan hasil refleksi mendalam (filsafat) dari rentetan pengalaman manusia yang diingat dan kemudian diketahui sebagai sebuah pengetahuan yang perlu disampaikan kepada orang lain sebagai saksi dari kehidupannya.

Kesatuan antara bahasa dan manusia nampak dalam proses komunikasi. Melalui proses komunikasi yang panjang, manusia mampu menciptakan suatu kebudayaan yang akan mengantarkannya pada peradaban dan kehidupan yang lebih baik.

Baca juga: Bacaan Surat Yasin Ayat 1 -83 Dilengkapi Keutamaan dan Keajaiban Membaca Surah Yasin

Bahasa menjadi media sentral (primer media) dalam pemenuhan hidup setiap manusia. Bahasa memainkan peran penting dalam proses transformasi diri manusia dalam pencapaiannya menjadi pribadi yang sempurna.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved