Tips sehat

Pusing, Sakit kepala, Kejang-kejang? Waspada Bisa Saja Gejala Penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening

Pusing, sakit kepala, kejang-kejang? Waspada bisa saja Gejala Penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening (Limfoma)

Editor: Adiana Ahmad
halodoc
Gejala penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening (Limfoma) 

Pusing, Sakit kepala, Kejang-kejang? Waspada Bisa Saja Gejala Penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening 

POS-KUPANG.COM-  Apakah kamu sering pusing, sakit kepala, kejang-kejang atau perut terasa kenyang? Waspada bisa saja gejala penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening.

Penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening merupakan salah satu penyakit mematikan. Kanker ini menyerang sistem limfatik atau getah bening yang tersebar di seluruh tubuh. 

Sistem Limfatik berperan penting dalam membentuk sistem kekebalan atau imunitas tubuh manusia.

Baca juga: Kenali Gejala Penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening (Limfoma), Waspada Jika Muncul Tanda Ini

Namun saat sel limfosit (sel darah putih) di dalamnya berkembang secara tidak normal, kondisi ini bisa menjadi kanker yaitu kanker getah bening atau limfoma.

Seperti apa gejala penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening?

1. Pembengkakan di kelenjar getah bening

Limfoma atau kanker getah bening merupakan jenis kanker darah yang berkembang di sistem limfatik. Sistem limfatik ini tersebar di seluruh tubuh yang meliputi kelenjar getah bening, limpa, sumsum tulang belakang, dan kelenjar timus.

Ketika terjadi limfoma, sel limfosit yang abnormal berkembang dan menumpuk di kelenjar getah bening. Hal ini kemudian dapat menyebabkan pembengkakan di kelenjar getah bening, terutama di area leher, bawah ketiak, atau selangkangan.

Baca juga: Ria Irawan Meninggal Setelah 10 Tahun Derita Kanker Kelenjar Getah Bening, Begini Kronologisnya

Kelenjar getah bening yang bengkak ini umumnya berbentuk bulat, terasa lunak, bisa bergerak saat disentuh, dan umumnya tidak terasa sakit. Meski demikian, beberapa pasien mengeluhkan sakit pada benjolan tersebut, terutama setelah mengonsumsi alkohol.

Namun, perlu diketahui, pembengkakan di kelenjar getah bening tidak selalu merupakan ciri-ciri penyakit kanker getah bening. Kondisi ini bisa juga merupakan gejala infeksi lain, seperti flu, infeksi kulit, atau karena mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Pembengkakan kelenjar getah bening akibat infeksi yang ringan umumnya akan kembali normal dalam 2-3 minggu. Namun, bila pembengkakan yang Anda alami tidak kunjung membaik hingga melebihi waktu tersebut atau justru bertambah besar, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

2. Kelelahan yang tidak kunjung hilang
Anda mungkin akan merasakan kelelahan setelah seharian beraktivitas. Pada kondisi ini, istirahat dan tidur biasanya sudah cukup untuk mengembalikan energi Anda.

Namun, bila rasa lelah Anda terus menerus terjadi dan tak kunjung hilang, sebaiknya Anda segera pergi ke dokter. Hal ini tidak selalu sebagai tanda atau gejala dari kanker kelenjar getah bening, tetapi tidak ada salahnya untuk mencari tahu penyebab dari kondisi tersebut.

Baca juga: Sakit Kepala Berkepanjangan Gejala Penyakit Apa?5 Penyebabnya Diantaranya Rebound Headache Migrain

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved