Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Rabu 4 Agustus 2021, Credo et Spero: Percaya dan Berharap

"Credo et Spero": "Percaya dan Berharap!" Inilah salah satu keutamaan Kristiani yang kita lihat ada dalam perempuan Kanaan, yang anaknya sakit.

Editor: Agustinus Sape
Dok Pribadi
RD Eman Kiik Mau 

Renungan Harian Katolik Rabu 4 Agustus 2021, Credo et Spero: Percaya dan Berharap! (Mat 15:21-28)

Oleh: RD. Eman Kiik Mau

POS-KUPANG.COM - "Credo et Spero": "Percaya dan Berharap!"

Inilah salah satu keutamaan Kristiani yang kita lihat ada dalam perempuan Kanaan, yang anaknya sakit.

Injil Matius hari ini jelaslah mewartakan iman seorang perempuan Kanaan, seorang asing yang tidak termasuk dalam umat Yahudi. Ia datang kepada Yesus dan memohon pertolongan-Nya.

Pada awalnya, Yesus tampak tidak peduli padanya dan itu membuat para murid marah, sampai-sampai Yesus berkata, "Tidak patut mengambil roti bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing." Mat 15:26.

Mengagumkan bahwa perempuan itu menjawab Yesus dengan iman dan berkata, "Benar Tuhan, tetapi anjing-anjing pun makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya." Mat 15:27.

Maka Yesus bersabda kepadanya, "Hai ibu, besar imanmu. Terjadilah bagimu seperti yang kaukehendaki!" Mat 15:28.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Rabu 4 Agustus 2021: Tidak Menyerah

Secara singkat, kita temukan ada 3 keutamaan iman perempuan Kanaan, antara lain:

1. Bersukacita dalam pengharapan.

2. Bersabar dalam kesesakan.

3. Bertekun dalam doa.

Ada pun akibat ketiga keutamaan iman inilah, Yesus bersabda kepadanya, "Hai ibu, sungguh besar imanmu! Terjadilah bagimu seperti yang kaukehendaki" (Mat 15:28).

Hari ini Gereja memperingati Santo Yohanes Maria Vianney, pelindung para Imam dan Pastor Paroki. Ia sangat terkenal bukan karena tulisan teologis sebab dia bukanlah seorang teolog. Ia terkenal juga bukan karena karya seni atau keberhasilan dalam membangun gedung gereja yang megah dan monumental. Ia terkenal bukan karena suaranya bagus atau wajahnya yang ganteng, sebab beliau tidaklah begitu. Ia juga tidak terkenal karena kegagahan kepahlawanan dalam mengarungi dunia untuk mempertobatkan orang atau bermisi.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Senin 2 Agustus 2021: Tetap Bersyukur

Santo Yohanes Maria Vianney terkenal karena kesalehan dan kesuciannya yang begitu cemerlang. Terutama ia dicari para pendosa yang mau bertobat dan dan ingin mengalami belas kasih Allah melalui Sakramen Tobat yang diterimakan orang kudus ini.

Hari ini kita mau belajar dari Santo Yohanes Maria Vianney. Dalam segala kesederhanaan dan kekurangannya, ia belajar membuka diri seutuhnya dan Tuhan menjadikan dia sebagai alat di tangan-Nya untuk menghantar orang lain makin dekat dengan Tuhan.

Santo Yohanes Maria Vianney pernah berkata, "Doa dan Cinta, itulah sukacita dan kebahagiaan manusia di dunia ini. Di dalam doa yang dilakukan dengan baik, semua kesulitan lenyap, seperti salju di bawah sinar matahari.

Tuhan Yesus, Engkaulah penopang dan penyelenggara hidup kami. Kepada-Mu kami percaya dan berharap. Santo Yohanes Maria Vianney, doakanlah kami. Amin. *

Renungan harian lainnya

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved