Breaking News:

Tips Sehat

Air Seni Keruh atau Berbau Salah Satu Gejala Penyakit Batu Ginjal, Apa Saja Gejala Lainnya?

Batu ginjal bisa terbentuk ketika mineral tertentu menumpuk di dalam tubuh. Penyakit ini dapat memengaruhi setiap bagian saluran kencing

Editor: Hermina Pello
(shutterstock/Lightspring)
llustrasi batu ginjal. Air Seni Keruh atau Berbau Salah Satu Gejala Penyakit Batu Ginjal, Apa Saja Gejala Lainnya? 

POS-KUPANG.COM - Suatu penyakit bisa diminimalkan asalkan sudah diketahui sejak dini.

Salah satu penyakit yang banyak diderita orang adalah batu ginjal.

Apa itu penyakit batu ginjal dan apa gejalanya?

Berikut ini disampaikan mengenai gejala penyakit batu ginjal. Yuk cari tahu selengkapnya agar Anda maupun orang di sekitar Anda yang mengalami gejala seperti di bawah ini, bisa segera diambil tindakan sehingga tak bertambah parah

Batu ginjal adalah endapan keras dari mineral yang terbentuk di dalam ginjal. Penyakit batu ginjal biasanya terjadi pada pria dewasa usia 40 tahun ke atas.

Baca juga: Tinggi Mineral, Inilah Deretan Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh, Lancarkan Pencernan

Seperti dilansir Mayo Clinic, penyebab penyakit batu ginjal bisa beragam. Antara lain pola makan tinggi protein, gula, dan garam. Selain itu, batu ginjal juga bisa disebabkan faktor keturunan, obesitas, kurang minum, sampai konsumsi vitamin dan suplemen dosis tinggi secara berlebihan.

Batu ginjal bisa terbentuk ketika mineral tertentu menumpuk di dalam tubuh. Penyakit ini dapat memengaruhi setiap bagian saluran kencing, sehingga tak jarang membuat penderitanya merasa kesakitan.

Kerusakan akibat penyakit batu ginjal bisa diminimalkan, asalkan penyakit batu ginjal ini diketahui lebih dini. Melansir Healthline, berikut ciri-ciri sakit batu ginjal yang kerap dikeluhkan penderitanya:

1. Sakit pinggang, punggung, dan perut

Nyeri karena batu ginjal atau kolik ginjal adalah jenis nyeri dengan derajat rasa sakit paling parah. Beberapa penderita batu ginjal menyebut rasa sakitnya setara dengan melahirkan atau ditusuk dengan pisau.

Baca juga: Campurkan Lidah Buaya & Minyak Kelapa, Rasakan Manfaat Tak Terduga, Kerutan di Wajah Bisa Hilang

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved