Breaking News:

Program RPL untuk Masyarakat yang Putus Kuliah Tapi Ingin Lanjutkan, Ini Syarat Ikut RPL

akan diberikan bantuan subsidi biaya kuliah selama satu semester guna memperoleh kredit akademik melalui RPL.

Editor: Hermina Pello
Tribunnews/Jeprima
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim. Program RPL untuk Masyarakat yang Putus Kuliah Tapi Ingin Lanjutkan, Ini Syarat Ikut RPL 

POS-KUPANG.COM - Banyak orang yang saat kuliah tidak menyelesaikan kuliahnya dengan berbagai alasan

Untuk itu kemendikbut Ristek memiliki program bagi mereka yang putus kuliah tapi ingin melanjutkannya sampai selesai.

Menyelesaikan pendidikan tinggi diharapkan bisa membantu masyarakat meningkatkan daya saing di dunia kerja dan mendapatkan penghasilan lebih baik.

Baca juga: Enam Kandidat Calon Rektor Undana

Guna meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat yang sempat putus kuliah, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud Ristek melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan pada tahun 2021 mengadakan Program Bantuan Pemerintah Penyelenggaraan Rekognisi Pembelajaran Lampau Tipe A2 (PBPP-RPL Tipe A2).

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Aris Junaidi berharap dengan adanya program ini, individu yang tidak sempat menyelesaikan pendidikan baik jenjang diploma, sarjana, magister dan sudah bekerja dapat melanjutkan pendidikan lagi.

“Harapannya dengan adanya program ini, bagi individu yang tidak sempat menyelesaikan pendidikan (diploma, sarjana, magister) dan sudah bekerja dapat melanjutkan pendidikan lagi dan terdorong untuk terus belajar sepanjang hayat melalui pendidikan formal di jenjang pendidikan tinggi,” ucap Aris seperti dirangkum dari laman Dikti Kemendikbud Ristek, Jumat (23/7/2021).

Nantinya, lanjut dia, semua yang sudah dicapai dapat diakui sebagai kredit, termasuk ketika sudah bekerja maka pengalamannya dapat diakui sebagai kredit, sehingga ketika masuk kembali ke pendidikan formal, capaian dan kredit tersebut dapat diakui sehingga tidak perlu lagi mengulang dari awal.

Baca juga: Jadwal dan tahapan pelaksanaan pemilihan calon Rektor Undana tahun 2021-2025

Syarat daftar Program RPL

Dijelaskan, Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) adalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran (CP) seseorang yang diperoleh melalui pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja ke dalam pendidikan formal.

Program bantuan ini adalah upaya pemerintah mendorong perguruan tinggi untuk memberikan kesempatan atau akses kepada masyarakat selaku calon mahasiswa yang telah memiliki Capaian Pembelajaran atau kompetensi yang diperoleh dari pendidikan formal sebelumnya, pendidikan nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved