Breaking News:

Berita Flores Timur

Wakil Bupati Agustinus Payong Boli :  Waspada Varian Delta Corona Masuk Flores Timur

Gejala yang di alami pun lebih cepat mengalami perburukan misalkan ibu hamil akan berpengaruh pada janin atau pada ibu

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/AMAR OLA KEDA
Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli 

Wakil Bupati Agustinus Payong Boli :  Waspada Varian Delta Corona Masuk Flores Timur

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Amar Ola Keda

POS-KUPANG.COM, LARANTUKA- Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli selaku wakil ketua Satgas Covid-19 Flores Timur kembali memberi peringatan keras kepada masyarakat Flores Timur akan bahaya ancaman varian baru Delta Corona yang potensial menyerang wilayah Flores Timur.

"Di Kota Kupang sudah tertular Varian Delta Corona yang sangat berbahaya. Varian baru Delta B.1.617.2 asal India lebih cepat menular daripada varian virus corona B.1.1.7 atau Alpha asal Inggris," ujarnya kepada wartawan, Kamis 22 Juli 2021.

Menurut dia, saat ini sudah tiga warga Kota Kupang yang tervirus Varian Delta dan sudah di laporkan ke Menteri Kesehatan RI di Jakarta.

"Jika Kota Kupang sudah tertular itu artinya kita di Flores Timur potensial tertular, mengingat mobilisasi barang, jasa dan manusia dari Flores Timur ke Kupang dan sebaliknya sangat tinggi," katanya.

Baca juga: Dinas Dukcapil Flores Timur Kehabisan Blanko e-KTP

"Kita tidak serta merta menutup akses moda transportasi karena itu kewenangan pusat, tetapi yang kita lakukan adalah pengendalian yakni kerja-kerja kantoran dan usaha-usaha ekonomi tetap dijalankan sambil taat prokes," tambahnya.

Ia menjelaskan, Varian baru delta B.1.617.2 asal India ini lebih berbahaya, karena lebih muda menyebar dalam akurasi kontak dekat 5- 10 detik dan bikin lebih sakit pasien.

Gejala yang di alami pun lebih cepat mengalami perburukan misalkan ibu hamil akan berpengaruh pada janin atau pada ibu yang lagi menyusui pada anaknya.

Gejala-gejala ringannya pun, kata dia, akan mengalami perburukan lebih cepat seperti sesak napas dan lebih cepat memburuk kondisinya.

Baca juga: Alat Swab PCR RSUD Larantuka Flotim Belum Beroperasi, Pasien Positif Covid Pakai Hasil Rapid Antigen

"Varian delta corona banyak menyerang ke orang-orang yang masih muda lalu bisa memburuk keadaannya. Itu artinya segala usia varian delta ini bisa lebih muda menular. Gejala Varian Delta antara lain, sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, demam, batuk,kehilangan kemampuan indra penciuman dan perasa," jelasnya.

"Dari pengakuan orang yang pernah tervirus Delta Corona bahwa tandanya adalah nyeri otot, hidung tersumbat, mual dan muntah, Kota Kupang, sakit perut, kehilangan napsu makan, gangguan pendengaran, pembekuan darah dan gangren (kematian jaringan tubuh)," sambungnya.

Ia mengajak masyarakat agar selalu waspada dengan cara patuhi prokes sesuai intruksi bupati dan jalani 7 M. (*)

Berita Flores Timur terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved