Breaking News:

Berita Manggarai Barat

Labuan Bajo Akan Miliki Pangkalan TNI Angkatan Laut Tipe C Lengkap Dengan KRI 

maka kini terdapat 4 Lanal di wilayah Lantamal VII Kupang. Sebelumnya, terdapat Lanal Maumere, Lanal Pulau Rote serta Lanal Mataram.

Penulis: Ryan Nong | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Danlantamal VII Kupang, Laksma IG Kompiang Aribawa 

Labuan Bajo Akan Miliki Pangkalan TNI Angkatan Laut Tipe C Lengkap Dengan KRI 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM,  KUPANG -- Kota Labuan Bajo, ibukota Kabupaten Manggarai Barat di Provinsi NTT akan segera memiliki Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) dengan tipe C. Rencana peresmian Lanal Labuan Bajo akan dilangsungkan pada Kamis, 22 Juli 2021. 

Peresmian akan dilakukan oleh KSAL, Laksamana TNI Yudo Margono melalui Danlantamal VII Kupang Laksma TNI IG Kompiang Aribawa. 

Kepada POS-KUPANG.COM, Laksma TNI IG Kompiang Aribawa menyebut, peningkatan Lanal Labuan Bajo sebagai Lanal dengan Tipe C dari Pos Angkatan Laut (Posal) telah melalui pertimbangan dari pimpinan. 

Pemerintah Pusat pun telah menyatakan bahwa Labuan Bajo menjadi destinasi super premium dan super prioritas.

Baca juga: Pemerintah Daerah Timor Tengah Utara Serahkan Bantuan Hewan Kurban kepada Umat Muslim 

Hal tersebut  menjadi prioritas utama TNI AL untuk membangun dan mengembangkan Pangkalan Angkatan Laut yang diyakini akan berkembang pesat. 

Dengan berkembangnya Labuan Bajo sebagai destinasi wisata premium, kata Laksma IG Kompiang Aribawa, maka berpengaruh pada sisi keamanan serta kepadatan lalu lintas laut di wilayah itu. 

"Pengembangan destinasi wisata demikian tentunya jalur laut akan semakin padat dan semakin rawan kecelakaan termasuk pelanggaran keamanan, sehingga dari situ TNI AL mencermati dan memutuskan meningkatkan peran Labuan Bajo dari Posal menjadi Lanal," ujar Laksma IG Kompiang. 

Dengan peningkatan status Lanal Labuan Bajo, maka kini terdapat 4 Lanal di wilayah Lantamal VII Kupang. Sebelumnya, terdapat Lanal Maumere, Lanal Pulau Rote serta Lanal Mataram. 

Baca juga: Tim Pengamanan Rutan Kelas II Kupang Razia Kamar Hunian WBP

"Ini Sudah definitif. Jadi pemimpin sangat mempertimbangkan situasi dan perkembangan wilayah di seluruh Indonesia, termasuk Lanal Labuan Bajo," jelas Laksma IG Kompiang. 

Ia menyebut, untuk armada Lanal Labuan Bajo akan ditingkatkan termasuk dengan penambahan KRI. (*) 

Berita Manggarai Barat Terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved