Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Senin 19 Juli 2021: Sesungguhnya yang Ada di Sini Melebihi Yunus

Banyak anak sekarang agak sulit diajak orangtua ke gereja hari Minggu. Mereka lebih senang main HP di rumah ketimbang pergi gereja.

Editor: Agustinus Sape
Dok Pribadi
RD Ambros Ladjar 

Renungan Harian Katolik Senin 19 Juli 2021: Sesungguhnya yang Ada di Sini Melebihi Yunus (Bac. Keluaran 14: 5 - 18; Mt 12: 38-42)

Oleh: RD. Ambros Ladjar

POS-KUPANG.COM - Banyak anak sekarang agak sulit diajak orangtua ke gereja hari Minggu. Mereka lebih senang main HP di rumah ketimbang pergi gereja.

Para guru agama punya alat kontrol untuk mereka jelas. Sejak masih masa normal anak-anak yang hadiri misa diberi tugas. Mereka dengar dan tangkap bacaan hari Minggu plus isi ringkas kotbah pastor.

Hal itu pun belum cukup kalau tak disertai tanda tangan pastor. Inilah bukti bagi para guru atas kehadiran anak murid.

Setelah orang Israel diizinkan pergi, hati Firaun dan para pejabatnya mulai berubah. Dengan jasa 600 kereta terpilih, mereka kejar orang Israel.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Senin 19 Juli 2021: Jangan Memusnahkan

Tentu orang Israel jadi takut ketika rombongan Firaun itu makin dekat. Dari sebab itu Musa mengajak mereka agar percaya kepada Yahwe.

Dia sendiri percaya bahwa pada Tuhan pasti ada pertolongan. Sebab hidup mereka merupakan jalan Tuhan, walaupun harus melewati gurun pasir.

Justru membahayakan, maka banyak orang menyesal. Mengapa harus tinggalkan Mesir, padahal sudah rasa mapan tinggal di sana.

Yesus tak layani bukti sesuai permintaan orang Yahudi, jika Dialah Anak Allah. Bagi Yesus tanda yang sudah dikenal adalah tanda Yunus.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Minggu 18 Juli 2021, Minggu Biasa XVI: Bertemu Tuhan dan Melayani Sesama

Dia diutus Tuhan menobatkan orang Niniwe, tapi ia larikan diri maka dibuang ke laut. Dia ditelan ikan besar dan setelah tiga hari dalam perut ikan baru dimuntahkan.

Yesus sendiri melebihi nabi Yunus. Dia bangkit dari antara orang mati pada hari ketiga. Orang sederhana mengerti & percaya bahwa Yesus adalah Anak Allah, beda dengan orang Farisi.

Ada berbagai tanda Allah hadir dan peduli kepada kita, namun banyak kali kita sangsi. Kita tak percaya seraya menghindar dari Yesus seperti orang Yahudi.

Salam sehat di hari Senin buat semuanya. Tetap taat menjaga Prokes. Tuhan memberkati segala aktivitas hidup keluarga kita masing-masing dengan kesehatan, keberuntungan, sukses dan sukacita hidup. Amin.*

Renungan harian lainnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved