Breaking News:

Dandim 1618/TTU Deklarasikan 'GEJALA' Saat Launching Pemasangan Pompa Hidran

Dandim 1618/TTU membuka secara resmi pembuatan bak penampung dan pemasangan Pompa Hidram pada dua titik yakni di Desa Haulasi dan Desa S

Penulis: Dionisius Rebon | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/Dokumentasi Kodim 1618/TTU
Pose bersama Dandim 1618/TTU beserta jajaran dan Kepala Desa serta masyarakat Desa Haulasi dan Suanai, Rabu, 7 Juli 2021. 

Dandim 1618/TTU Launching Pemasangan Pompa Hidram dan Deklarasi Gejala

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dionisius Rebon

POS-KUPANG.COM, KEFAMENANU - Dandim 1618/TTU membuka secara resmi pembuatan bak penampung dan pemasangan Pompa Hidram pada dua titik yakni di Desa Haulasi dan Desa Suanai, Kecamatan Miomaffo Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi NTT.

Selain membuka secara resmi pembangunan pompa Hidran, Rabu, 07/07/2021, pada momentum yang sama, Dandim 1618/TTU beserta seluruh jajaran dan masyarakat bersama-sama mendeklarasikan Gerakan Jaga Alam dan Air (GEJALA).

Dandim 1618/TTU, Letkol Arm Roni Junaidi, S. Sos saat diwawancarai, Kamis, 08/07/2021 menjelaskan, launching dilaksanakan langsung pada titik mata air dan juga titik air berupa embung yang akan menjadi sumber pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat.

Menurutnya, masyarakat dua desa tersebut selama ini mengalami kesulitan air bersih karena letak geografisnya yang berada di daerah ketinggian. Sedangkan sumber mata air berada jauh di dataran rendah.

Baca juga: Ini Jadi Alasan di Lembata-NTT, Pedagang dan Pembeli di Pasar Wajib Tunjukan Kartu Vaksin Covid-19

"Kalau yang embung di Haulasi ini nantinya akan ditampung di tempat transit kemudian dengan pompa Hidram didorong ke atas sehingga tidak perlu turun ke bawah untuk memperoleh air bersih," jelasnya.

Sedangkan, titik mata air yang  di Desa Suanae merupakan sumber air yang mengalir secara alami sepanjang tahun dan tidak pernah kering meski didera kemarau panjang.

Perihal titik mata air di Desa Suanae tersebut, tutur Letkol Arm Roni, Kodim 1618/TTU akan membangun bak transit dan dialirkan ke pemukiman warga menggunakan pompa Hidram.

Pembangunan pompa hidran oleh Kodim 1618/TTU ini untuk membantu mengatasi persoalan air bersih yang dialami masyarakat selama ini.

Hadir dalam kegiatan tersebut; Dandim 1618/TTU, Letkol Arm Roni Junaidi, Kasdim 1618/TTU,  Danramil 1618-02/Miobar,  Pasiter Dim 1618/TTU, Babinsa Ramil 1618-02/Miobar, Kepala Desa Haulasi, Kepala Desa Suanai, Masyarakat desa Haulasi, Masyarakat desa Suanai dan Sanggar Sandalwood Binaan Kodim 1618/TTU. (CR5)

Pose bersama Dandim 1618/TTU beserta jajaran dan Kepala Desa serta masyarakat Desa Haulasi dan Suanai, Rabu, 7 Juli 2021.
Pose bersama Dandim 1618/TTU beserta jajaran dan Kepala Desa serta masyarakat Desa Haulasi dan Suanai, Rabu, 7 Juli 2021. (POS-KUPANG.COM/Dokumentasi Kodim 1618/TTU)

Berita TTU Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved