Breaking News:

Kasus Covid-19 Melonjak, Permintaan Oksigen di Kota Kupang Mulai Meningkat

jumlah kasus Covid-19 di Kota Kupang  masih mengalami kenaikan signifikan dalam beberapa waktu belakangan ini.  Kenaikan kasus ini juga berpen

Editor: Ferry Ndoen
foto:Irfan Hoi/
Tempat pengisian oksigen di CV Kawan Kita, Kota Kupang. 

Kasus Covid-19 Melonjak, Permintaan Oksigen di Kota Kupang Mulai Meningkat

POS-KUPANG.COM | KUPANG -  Jumlah kasus Covid-19 di Kota Kupang  masih mengalami kenaikan signifikan dalam beberapa waktu belakangan ini.  Kenaikan kasus ini juga berpengaruh terhadap kebutuhan oksigen bagi pasien yang dirawat di sejumlah rumah sakit di wilayah Kota Kupang dan sekitarnya.

Direktur CV Kawan Kita, Roby Lukito, sebagai salah satu penyedia kebutuhan oksigen di Kota Kupang, mengatakan beberapa hari terakhir ini permintaan terhadap oksigen mulai meningkat perlahan.

"Kita tidak punya data rincian resmi, tapi permintaan mulai meningkat," katanya, Jumat 9 Juli 2021 di tempat usahanya.

Meski demikian ia menyebut pihaknya sejauh ini mampu memenuhi kebutuhan yang dipesan dari pihak rumah sakit atau warga yang datang membeli secara individu. Robi mengaku permintaan yang masih bisa dipenuhi ini harus selaras dengan kepatuhan masyarakat dalam mencegah Covid-19.

Baca juga: Surat Edaran Wali Kota Kupang Perbolehkan Kegiatan Kedinasan Berkerja, Begini Penjelasan Pemkot

Menurutnya, jika masyarakat tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) dengan baik dan angka penyebaran kasus Covid-19 mulai menurun, stok oksigen yang ada ditempat usahanya ini akan mampu menyuplai kebutuhan-kebutuhan tersebut.

"Ini juga tergantung masyarakat, kalau kita semua taat Prokes permintaan terpenuhi tapi kalau tidak pasti akan melonjak," ungkapnya.

Rumah sakit di Kota Kupang, kata Robi, menjadi tempat yang paling banyak mengorder pasokan oksigen dari perusahannya. Bahkan beberapa rumah sakit dari luar Kota Kupang seperti RS di Timor Tengah Utara (TTU) juga mendapat pasokan oksigen dari tempatnya.

Untuk wilayah TTS, Malaka dan Belu, diungkapkan Robi, telah memiliki mesin oksigen sendiri sehingga kebutuhan oksigen di wilayah setempat bisa mencukupi. Dia menyebut, permintaan dari wilyah diluar Kota Kupang biasanya mengambil oksigen dan bisa memenuhi kebutuhan hingga 2 pekan.

Baca juga: 26 Warga Kabupaten Sikka Meninggal Dunia, Tim Satgas Minta Warga Taat Protokol Kesehatan

Di CV. Kawan Kita, dalam sehari bisa memproduksi 200 tabung oksigen dan akan habis dibeli dalam waktu 1 hingga 2 hari kedepan. Dalam sehari, menurutnya, rata-rata 100 tabung oksigen akan dibeli pihak rumah sakit.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved