Breaking News:

Warga Kota SoE Diimbau Tertib Buang Sampah, Ini Jamnya

Kepala UPT Kebersihan dan Pertamanan, Dinas PRKP Kabupaten TTS, Ayub Frans Alunpah mengingatkan masyarakat Kota SoE terkait jam membuang sampah

Penulis: Dion Kota | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/DION KOTA
Kepala UPT Kebersihan dan Pertamanan, Dinas PRKP Kabupaten TTS, Ayub Frans Alunpah 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dion Kota

POS-KUPANG.COM, SOE - Kepala UPT Kebersihan dan Pertamanan, Dinas PRKP Kabupaten TTS, Ayub Frans Alunpah mengingatkan masyarakat Kota SoE terkait jam membuang sampah.

Ia mengimbau masyarakat Kota SoE untuk membuang sampah pada pukul 18.00 WITA hingga pukul 06.00 WITA.

"Kita berharap masyarakat Kota SoE membuang sampah mulai pukul 18.00 WITA hingga pukul 06.00 WITA. Karena selama ini masih banyak warga Kota SoE yang membuang sampah di luar jam tersebut. Hal inilah yang menyebabkan Kota Soe masih terlihat kotor," imbau Ayub kepada POS-KUPANG.COM di ruang kerjanya.

Saat ini lanjut Ayub, dari enam truk pengangkut sampah yang ada, hanya tiga unit yang berfungsi. Sedangkan tiga truk lainnya dalam kondisi rusak berat.

Baca juga: Bank NTT Bantu 15 Tong Sampah: Alex Berharap Fulan Fehan Bersih dari Sampah

"Dua mobil truk yang rusak berat sementara diperbaiki sedangkan 1 lainya belum bisa kita perbaiki," jelasnya.

Terkait tenaga petugas kebersihan, Ayub mengatakan, saat ini ada 64 petugas yang bertugas tidak hanya menjaga kebersihan tapi juga merasa taman.

"Wilayah tugas kita meliputi 10 kelurahan dan 2 desa. Ini wilayah yang cukup luas dan belum sebanding dengan jumlah personil dan kendaraan kita. Oleh sebab itu kita berharap masyarakat bisa membuang sampah sesuai jamnya sehingga kita bisa angkut sekaligus," pintanya.

Terkait jumlah tempat penampungan sampah sementara yang masih minim di Kota SoE, Ayub mengaku, hal tersebut tak lepas dari keterbatasan anggaran dan kesediaan masyarakat untuk memberikan lahannya guna dibangun tempat penampungan sampah sementara.

Baca juga: Sandiaga Uno Apresiasi Inovasi Olah Sampah Pemkab Ende

Pembangunan tempat penampungan sampah sementara dikatakan Ayub dibangun pada tahun 2015. Setelah itu, karena ketiadaan anggaran tidak ada lagi pembangunan tempat penampungan sampah sementara di Kota SoE.

"Hingga saat ini kita baru punya tempat penampungan sampah sementara sebanyak 10 unit," paparnya. (*)

Berita Kabupaten TTS Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved