Breaking News:

Fakta-fakta Pengungsi Timor Leste, Asal Usul Ramos Horta hingga Sepak Terjang Suster Sesilia Ketut

Ribuan warga Timor Leste yang setia dengan NKRI memilih meninggalkan Timor Leste dan bergabung dengan Indonesia hingga menetap di Timor Barat.

Editor: Hasyim Ashari
blootank.wordpress
Peta Timor Leste. PBB membantu memulangkan 220.000 pengungsi dari Timor Leste. 

Fakta-fakta Pengungsi Timor Leste, Asal Usul Ramos Horta hingga Ada Sepak Terjanng Suster Sesilia Ketut

POS-KUPANG.COM – Banyak fakta menarik seputar kemerdekaan Timor Leste setelah referendum dilakukan. Termasuk di antaranya adalah para pengungsi Timor Leste yang sekarang berada di Timor Timur atau dulu dikenal dengan sebutan Timor Barat.

Ribuan warga Timor Leste yang setia dengan NKRI memilih meninggalkan Timor Leste dan bergabung dengan Indonesia hingga menetap di Timor Barat.

Memang tidak seuruhnya para pengusngi tersebut mengungsi dengan kesadaran sendiri. Banyak juga yang diusir dari Timor Leste.

Fakta kemudian mencuat seputar kondisi para pengungsi Timor Timur tersebut.

Baca juga: Personil Kantor Bea Cukai Lakukan Pengawasan ke Batas Negeri Oepoli- Timor Leste

Di antara fakta-fakta itu mencuat nama tokoh Timor Timur Ramos Horta dan kiprah luar biasa dari seorang relawan beranama Suster Sesilia Ketut.

Tak semua pengungsi Timor Leste meninggalkan negara atas kemauan mereka sendiri, inilah fakta-fakta tentang  pengungsi Timor Leste yang belum terselesaikan.

Tepat tanggal 30 Agustus 1999, 13 hari setelah peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Timor Timur menggelar referendum.

Sebanyak 94.388 orang atau 21,5 persen penduduk Timor Timur memilih tetap bergabung dengan Indonesia, sedangkan mayoritas 344.580 orang atau 78.5 persen warga Timor Timur memilih merdeka.

Baca juga: Hati Xanana Gusmao Luluh di Tangan Pejuang Timor Leste Kirsty Sword, Warga Australia Jadi Ibu Negara

Dan akhirnya, provinsi ke-27 Indonesia itu lepas dari negara tercinta ini dan memperoleh status resminya sebagai negara pada 20 Mei 2002.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved